Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surabaya Punya Mobil Peduli Lingkungan Lho…

Kota Surabaya kini telah memiliki mobil peduli lingkungan atau Eco mobile yang berfungsi menyampaikan pesan dan mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata terhadap lingkungan.
Logo Kota Surabaya/JIBI
Logo Kota Surabaya/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA – Kota Surabaya kini telah memiliki mobil peduli lingkungan atau Eco mobile yang berfungsi menyampaikan pesan dan mengajak masyarakat untuk melakukan aksi nyata terhadap lingkungan.

Mobil yang dipersembahkan oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) dan LSM Tunas Hijau tersebut dilengkapi dengan 4 panel tenaga surya, 200 buku tentang lingkungan, media edukasi elektronik dan alat peraga lingkungan lainnya.

Budi Setiawan, Senior Manager Humas dan CSR PJB, mengatakan eco mobile tersebut akan beroperasi setiap Senin-Jumat keliling sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi kepedulian lingkungan.

“Dalam sehari, eco mobile akan mengunjungi 2 sekolah, sedangkan Sabtu dan Minggu akan keliling ke kampung-kampung,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (26/2/2014).

Budi berharap mobil peduli lingkungan tersebut juga bisa menjadi wahana penyadaran masyarakat Surabaya melalui tindakan pengolahan sampah menjadi kompos, konservasi air, pemanfaatan energi surya maupun dari sampah.

“Selama 1-3 tahun ini akan dilihat dulu perkembangannya, jika bagus dan berpengaruh, makan akan ditambah lagi mobilnya,” imbuhnya.

Eco mobile ini pun sudah bisa beroperasi pada Kamis (27/2) karena telah diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di SD Kaliasin VII pada Rabu (26/2/2014).

Menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, biaya untuk memperbaiki lingkungan sangat besar sehingga kebiasaan peduli lingkungan sangat penting ditularkan terhadap anak-anak lebih awal.

“Anak-anak di usia SD akan lebih mudah untuk diajak peduli dan menjaga lingkungannya. Di Jepang saja anak usia 3 tahun sudah diberikan pengetahuan pentingnya menjaga lingkungan. Karena, semakin lama semakin berat kalau kita tidak mulai sejak dini,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper