Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Pemilu, Rehabilitasi Kelud Dipercepat

Pemulihan hunian dan sarana penunjang yang rusak akibat erupsi Gunung Kelud dipercepat dan ditargetkan selesai Sabtu (8/3/2014) mendatang. Percepatan dilakukan karena Pemprov Jatim dituntut menjaga stabilitas menjelang pemilihan legislatif.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 25 Februari 2014  |  12:45 WIB
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) III Puncu membersihkan ruang kelas mereka dari material vulkanik letusan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, Senin (24/2). Sejumlah bangunan sekolahan di kawasan Kecamatan Puncu dan Kecamatan Kepung Kediri rusak parah dampak dari erupsi Gunung Kelud, sehingga ruang kelas tidak bisa di gunakan untuk proses belajar mengajar karena atap atap kelas jebol dan rusak parah.   - Antara
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) III Puncu membersihkan ruang kelas mereka dari material vulkanik letusan Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, Senin (24/2). Sejumlah bangunan sekolahan di kawasan Kecamatan Puncu dan Kecamatan Kepung Kediri rusak parah dampak dari erupsi Gunung Kelud, sehingga ruang kelas tidak bisa di gunakan untuk proses belajar mengajar karena atap atap kelas jebol dan rusak parah. - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemulihan hunian dan sarana penunjang yang rusak akibat erupsi Gunung Kelud dipercepat dan ditargetkan selesai Sabtu (8/3/2014) mendatang. Percepatan dilakukan karena Pemprov Jatim dituntut menjaga stabilitas menjelang pemilihan legislatif.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menguraikan dana yang disediakan untuk rehabilitasi pascabencana Rp100 miliar-Rp108 miliar. Dengan dana dan dukungan 4.000 anggota TNI dan Polri ditargetkan rehabilitasi selesai 8 Maret 2014.

"Tanggal 8 ditargetkan selesai karena setelah itu kami mengawal kampenye legislatif. BNPB menargetkan secepatnya 1 minggu selambat 1 bulan. Kami usahan 2 minggu selesai," jelasnya, Selasa (25/2/2014).

Menurutnya, target itu sangat realistis mengingat banyak korban erupsi yang giat membenahi tempat tinggalnya sendiri. Sedangkan khusus untuk warga kurang mampu maka penangannya diprioritaskan.

Jumlah rumah rusak akibat erupsi Gunung Kelud terdata 8.452 rumah. Estimasi biaya untuk perbaikan Rp25,95 miliar bila setiap rumah memerlukan Rp6 juta untuk perbaikan.

Seperti diketahui, erupsi Gunung Kelud terjadi Kamis (13/2/2014) menjelang tengah malam. Abu dan material muntahan gunung sempat mengganggu penerbangan di Surabaya, Malang, Solo, Jogja, Semarang dan Bandung. 

Saat ini, status gunung yang terletak di antaranya Blitar, Kediri dan Malang itu siaga III.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung kelud
Editor : Fatkhul-nonaktif
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top