Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Cepat MP Jejoven Faster Tenggelam, 19 Penumpang Selamat

Kapal cepat MP Jejoven Faster tujuan Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Jambi) yang berangkat dari Batam (Kepulauan Riau) tenggelam, Sabtu (22/2/2014) sekitar pukul 11.00 WIB.

Bisnis.com, JAMBI - Kapal cepat MP Jejoven Faster tujuan Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Jambi) dari Batam (Kepulauan Riau) tenggelam, Sabtu (22/2/2014) sekitar pukul 11.00 WIB.

Namun, sebanyak 11 awak kapal dan 19 penumpang kapal tersebut berhasil selamat setelah nahkoda mengarahkan kapalnya ke tepi pantai.

Kapal cepat yang bertolak dari Pelabuhan Marina Batam tersebut mengalami masalah kebocoran pada lambung kapal di bagian mesin. Hal tersebut menyebabkan air laut dengan cepat masuk ke dalam kapal.

Kepala Syahbandar Tanjung Jabung Barat Rizalihadi melalui Kasat Kambandar Junaidi menjelaskan kronologis kejadian.

Kapal bertolak dari Pelabuhan Marina Batam menuju Kualatungkal pada Sabtu sekitar pukul 10.00 WIB. Setiba di perairan Kepulauan Riau, tepatnya di Sungai Laut, Kuala Enok, Kabupaten Inhil Provinsi Riau, tiba-tiba lambung kapal bocor.

"Setelah satu jam kapal tersebut berangkat, kapal bocor di bagian lambung yang menyebabkan air dengan cepat masuk ke dalam kapal," ujarnya seperti dikutip Antara, Sabtu (22/2/2014).

Namun, dengan cepat nahkoda mengambil tindakan dengan mengarahkan haluan kapal ke tepian pantai untuk segera menyelamatkan penumpang. "Nahkoda membawa kapal ke tepi pantai dibantu oleh pompong-pompong [kapal nelayan]," katanya.

Pihaknya belum mengetahui penyebab pasti kapal cepat tersebut mengalami kebocoran, tetapi dugaan kuat dugaan terlalu kuat terhempas ombak, sehingga fiber bout bagian lambung yang diduga bekas tambalan pecah. "Mungkin kena hantaman ombak kuat, bisa juga karena benda keras seperti kayu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper