Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Kanada Menguat

Inflasi Kanada meningkat menuju level tertinggi selama 20 tahun akibat melonjaknya biaya pemanas rumah ditengah musim dingin terparah sepanjang decade.nn

Bisnis.com, OTTAWA — Inflasi Kanada meningkat menuju level tertinggi selama 20 tahun akibat melonjaknya biaya pemanas rumah ditengah musim dingin terparah sepanjang decade.

Badan Statistik Kanada mengatakan indeks harga konsumen menguat 1,5% pada Januari 2014 dari tahun sebelumnya, menyusul kenaikan 1,2% pada Desember 2013. Kenaikan tersebut menembus rekor tertinggi sejak Juni 2012.

Selain itu, Badan Statistik juga menyebutkan penjualan retail merosot 1,8%, penurunan terbesar selama satu tahun. Sejumlah ekonom pada survei Bloomberg memperkirakan kenaikan inflasi sebesar 1,3% dan penurunan 0,4% pada penjualan retail.

Sebelumnya, Gubernur Bank of Canada Stephen Poloz mengungkapkan adanya potensi perlambatan laju inflasi yang mampu menganggu perekonomian Kanada. Kondisi perlambatan inflasi itu dipicu oleh melambatnya produksi.

Dengan adanya fakta-fakta diatas, sejumlah investor bahkan memperkirakan Ploz akan memangkas suku bunga acuan yang diikuti dengan penurunan penjualan toko.

Consumer price indeks [CPI] mengalahkan penjualan retail. Peningkatan laju inflasi akan menguatkan harapan Bank of Canada. Data itu juga akan menjauhkan kemungkinan untuk menurunkan suku bunga dan memperkuat nilai tukar Dollar Kanada,”ujar Camilla Sutton, Kepala Strategi Valuta Asing di Toronto, Jumat (21/2). (Bloomberg/Amanda K. Wardhani)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper