Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Longsor Hambat Arus Wisata ke Batu

Rusaknya infrastruktu jalan utama yang menghubungkan Malang-Kediri-Jombang di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, bagian barat tepatnya di Jalan Raya Pujon-Ngantang akibat banjir dan longsor membuat arus wisata ke Kota Batu terhambat.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 06 Februari 2014  |  17:52 WIB
Longsor Hambat Arus Wisata ke Batu
Karena poros utama longsor, jalur menuju Batu dari arah Kediri dan Jombang harus mutar terlebih dahulu dari Mojokerto. - bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, BATU - Rusaknya infrastruktu jalan utama yang menghubungkan Malang-Kediri-Jombang di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, bagian barat tepatnya di Jalan Raya Pujon-Ngantang akibat banjir dan longsor membuat arus wisata ke Kota Batu terhambat.

Rina Sari, Head Coordinator Marketing Jawa Timur (Jatim Park) 2—yakni Museum Satwa dan Batu Secret Zoo Kota Batu, mengatakan dalam sepekan terakhir sejak musibah tersebut membuat jadwal kedatangan wisatawan menjadi molor lebih dari 3 jam.

“Karena poros utama longsor, jalur menuju Batu dari arah Kediri dan Jombang harus mutar terlebih dahulu dari Mojokerto. Akibatnya jadwal kedatangan yang harusnya pagi menjadi molor,” kata Rina di Batu, Kamis (6/2/2014).

Sebagian besar diantara para wisatawan itu baru datang ke Jatim Park 2 di atas jam 12 siang. Kendati jadwal molor, namun secara umum tidak mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang.

Di luar hari libur, jumlah wisatawan yang datang rata-rata 1.000-2.000 orang, sedangkan jika libur panjang jumlah pengunjung mencapai 4.000-5.000 orang setiap harinya.

“Pengunjung kami memang banyak yang berasal dari wilayah barat mulai Kediri, Blitar, Madiun, hingga Jawa Tengah (Jateng) sehingga rusaknya jalan tersebut menjadi problem bagi mereka,” jelas dia.

Pemkot Batu mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Batu dari arah Kediri-Jombang lebih baik melewati jalur Blitar maupun Mojokerto.

Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu, mengatakan banyaknya kerusakan jalan di sepanjang jalur Malang Barat (Pujon-Kasembon)  membuat perjalanan tersendat karena kemacetan.

“Karena itu kami himbau sebaiknya menggunakan jalur alternatif. Kendati agak jauh namun tidak sampai terjebak kemacetan,” ujarnya.

Pemkot bersiap untuk mengantisipasi cuaca yang ekstrim dengan melibatkan elemen yang ada, mulai Badan Penenggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (PMK),  dinas Cipta Karya dan Bina Marga, Dinas Perhubungan Kota Batu serta TNI/Polri  dengan bersiaga penuh.

Berbagai peralatan bencana, termasuk alat berat dan operatornya, juga disiagakan penuh, sehingga begitu dibuthkan langsung bisa diterjunkan ke lokasi seperti sewaktu terjadi longsor di Payung dua maupun  Klemuk Songgoriti Kota Batu pemkot juga mengerahkan alat berat ke sana.

Sasmito, Kepala BPBD Kota Batu, mengatakan pada musim penghujan pihaknya dalam kondisi siaga penuh dengan tidak hanya siaga di Kota Batu namun juga menerjunkan tim SAR untuk membantu proses pencarian korban di Kecamatan Pujon dan Ngantang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata alam batu malang
Editor : Fatkhul-nonaktif
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top