Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gita Wirjawan Mundur, Djoko Suyanto Bilang Itu Jadi Contoh Pejabat Lain

Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menilai keputusan Gita Wirjawan mengundurkan diri dari posisi Menteri Perdagangan adalah pilihan yang tepat untuk menghindari konflik antara kepentingan negara dan kepentingan politik.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 31 Januari 2014  |  17:05 WIB
 Gita Wirjawan - Jibi
Gita Wirjawan - Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menilai keputusan Gita Wirjawan mengundurkan diri dari posisi Menteri Perdagangan adalah pilihan yang tepat untuk menghindari konflik antara kepentingan negara dan kepentingan politik.

Djoko mengatakan pejabat negara yang akan berkompetisi dalam pemilihan presiden memang sebaiknyanya menentukan prioritasnya.

Gita, menurut dia, telah mengambil pilihan yang tepat untuk meninggalkan posisi Mendag untuk berkonsentrasi bertarung dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat.

"Gita Wirjawan mengambil pilihan yang tepat. Seseorang yang sudah yakin dalam  menentukan pilihan hidupnya," katanya, Jumat (31/1).

Djoko menambahkan langkah Gita seharusnya diikuti pejabat negara lain untuk menghindari potensi konflik kepentingan antara tugas sebagai pejabat negara dengan ambisi politik. Dia mengaku akan mengambil langkah serupa jika berada dalam posisi yang sama dengan Gita.

Selain itu, dia mengatakan terbebasnya Gita dari tanggung jawab sebagai menteri memberikannya kesempatan untuk berkonsentrasi penuh memenangkan konvensi Demokrat.

"Siapapun dengan segala keyakinan, kalkulasi dan resikonya harus memutuskan salah satu dari kedua pilihan itu," kata Djoko.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga belum mau berkomentar mengenai pernyataan mundur Gita.

Dia mengatakan masyarakat harus menunggu pernyataan resmi akan dikeluarkan melalui Kantor Presiden.

"Tampaknya publik harus menunggu beberapa saat sampai ada tanggapan resmi dari Kantor Kepresidenan," kata Daniel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gita wirjawan
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top