Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Turis Asing di Kota Cirebon Anjlok 50%

Kunjungan turis asing ke Kota Cirebon selama tahun lalu turun 50% dibandingkan dengan 2012 sebanyak 20.618 orang.

Bisnis.com, CIREBON—Kunjungan turis asing ke Kota Cirebon selama tahun lalu turun 50% dibandingkan dengan 2012 sebanyak 20.618 orang.

Salah satu penyebabnya karena diduga terkena imbas pemberlakukan Perda Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Pelarangan dan Peredaran Minuman Keras Berkadar Alkohol yang dikeluarkan pemerintah setempat.

Selain turunnya tingkat kunjungan wisatawan asing, tingkat kunjungan hotel dari kalangan turis di Kota Cirebon mengalami hal serupa, yaitu turun sebesar 54,7% selama 2013 jika dibanding tingkat kunjungan hotel tahun sebelumnya sebanyak 19.357 orang.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Cirebon Achmad Chafied mengatakan berdasarkan evaluasi pihaknya terhadap tingkat kunjungan wisata yang menurun drastis sepanjang 2013, pemberlakukan Perda zero alkohol jadi pemicu utama penurunan kunjungan wisatawan asing.

Dia menuturkan adapun turunnya kunjungan wisatawan asing ke hotel-hotel di Kota Cirebon selain dipicu oleh Perda zero alkohol juga disebabkan kian ketatnya persaingan bisnis hotel seiring maraknya pengoperasian hotel berbintang selama 2013.

“Kami berharap seluruh kalangan baik dari element/tokoh masyarakat bersama pemerintah dan pengusaha perhotelan kembali mendiskusikan masalah Perda zero alkohol,” katanya, Rabu (29/1/2014).

Ahmad mengungkapkan jika tidak segera dicari solusi dari dampak pemberlakukan Perda alkohol di Kota Cirebon, maka keberlangsungan wisata di Kota Cirebon khususnya untuk turis asing akan semakin buruk, apalagi untuk industri jasa perhotelan.

“Hanya kunjungan wisata domestik [lokal] yang meningkat di Kota Cirebon sepanjang 2013 lalu,” ujarnya.

Data Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Cirebon menyebutkan tingkat kunjungan wisatawan domestik selama 2013 mengalami peningkatan sebesar 16% dari total 456.589 orang pada 2012 menjadi 530.617 orang pada 2013.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Cirebon Agus Mulyadi menyatakan penyebab turunnya tingkat kunjungan wisatawan asing di Kota Cirebon perlu diteliti lebih dalam apakah akibat pemberlakukan Perda zero alkohol atau ada sebab lain.

“Terkait tingkat kunjungan hotel dari kalangan turis asing yang ikut turun, mungkin bisa diambil langkah memperketat perizinan pembangunan hotel baru di Kota Cirebon,” tuturnya.

General Manager Grage Hotel Cirebon (Grage Group) Vera Purnamasari mengungkapkan sepanjang 2013 jumlah pengunjung asing memang kurang menggembirakan apalagi dipicu dengan kondisi ekonomi dunia yang kurang bagus.

“Kami dari kalangan pengusaha hotel di Kota Cirebon kebanyakan mengandalkan pengunjung domestik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maman Abdurahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper