Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lee Hsien Loong Klaim Ekonomi Singapura Tumbuh 3,7% Pada 2013

produk domestik bruto naik 3,7% dan hal ini sejalan dengan perkiraan pemerintah sebesar 3,5% terhadap pertumbuhan 4%.

Bisnis.com, SINGAPURA - “Pertumbuhan ekonomi Singapura dipercepat pada 2013 dan negara melakukannya dengan baik,” ujar Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam siaran pers menyambut tahun baru, Selasa (31/12/2013).

Menurut Lee, produk domestik bruto naik 3,7% dan hal ini sejalan dengan perkiraan pemerintah sebesar 3,5% terhadap pertumbuhan 4%.

Ekonomi Eropa dan Amerika, lanjutnya, mulai stabil dan prospek Asia masih cukup positif walaupun Singapura saat ini sedang dirundung perselisihan geopolitik regional.

Percepatan ekonomi Singapura tahun ini terbantu oleh pemulihan ekonomi AS dan Eropa. Sementara perusahaan-perusahaan Singapura sedang dalam proses penyesuaian atas kenaikan biaya bisnis dan regulasi pembatasan jumlah tenaga kerja murah asing.

Badan promosi perdagangan Singapura mengatakan jumlah ekspor sejak November  akan rebound pada 2014 guna mengurangi tekanan pada bank sentral sehingga sehingga memungkinkan melemahnya nilai mata uang untuk mendukung pengiriman luar negeri.

Lee menegaskan, bahwa perkiraan pertumbuhan ekonomi Singapura pada 2014 tumbuh menjadi  4% disebabkan oleh tingkat kepercayaan yang tinggi dari konsumen AS selama 4 bulan terakhir terhadap produk manufaktur dan cepatnya pertumbuhan ekonomi  kawasan Eropa.

“Ini sudah konsisten dan sesuai dengan rencana pemulihan ekonomi secara bertahap,” ujar Wisnu Varathan, Ekonom Mizuho Bank Ltd di Singapura. Menurutnya bank sentral harus terus menjaga kebijakan saat ini setidaknya untuk mengamankan pertumbuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper