Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tarik Kunjungan Wisata, Banyuwangi Gencar Bangun Jalan

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar membangun jalan menuju lokasi-lokasi wisata alam untuk menarik kunjungan wisatawan.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 26 Desember 2013  |  02:29 WIB
Tarik Kunjungan Wisata, Banyuwangi Gencar Bangun Jalan
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar membangun jalan menuju lokasi-lokasi wisata alam untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pembangunan jalan tersebut merupakan strategi pemasaran pariwisata segitiga emas, yakni wisata Kawah Ijen yang kerap dikunjungi wistawan Perancis karena keindahan blue fire (api biru) di malam hari, Pantai Plengkung (G-Land) yang terkenal dengan surga bagi peselancar dan Sukamade (peternakan tukik atau anak penyu).

"Pembangunan jalan ini untuk mempermudah akses transportasi. Kalau dulu menuju Kawah Ijen tidak bisa dilalui mobil biasa, naik Alpard pun sekarang sudah bisa," katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (26/12/2013).

Adapun, pembangunan jalan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi yakni pembangunan jalan 90 km pada 2011, lalu menambah jalan 250 km pada 2012 dan pada 2013 dibangun jalan sepanjang 200 km.

Dia mengatakan bahwa tingkat kunjungan wisata di Banyuwangi beberapa tahun terakhir pun naik cukup signifikan dengan rerata peningkatan 40%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi, arus kedatangan penumpang melalui Bandara Blimbingsari pada 2012 yakni 12.146 penumpang atau naik dibandingkan 2011 yakni 3.977 penumpang.

Selain wisata alam di Segitiga Emas tersebut, ada lokasi wisata lain yang berpotensi untuk dikunjungi, di antaranya seperti Pulau Merah, Taman Nasional Baluran, Agrowisata Kalibendo, Teluk Hijau, wisata budaya Osing dan ajang Karnaval yang kerap digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata alam
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top