Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarik Kunjungan Wisata, Banyuwangi Gencar Bangun Jalan

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar membangun jalan menuju lokasi-lokasi wisata alam untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar membangun jalan menuju lokasi-lokasi wisata alam untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa pembangunan jalan tersebut merupakan strategi pemasaran pariwisata segitiga emas, yakni wisata Kawah Ijen yang kerap dikunjungi wistawan Perancis karena keindahan blue fire (api biru) di malam hari, Pantai Plengkung (G-Land) yang terkenal dengan surga bagi peselancar dan Sukamade (peternakan tukik atau anak penyu).

"Pembangunan jalan ini untuk mempermudah akses transportasi. Kalau dulu menuju Kawah Ijen tidak bisa dilalui mobil biasa, naik Alpard pun sekarang sudah bisa," katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (26/12/2013).

Adapun, pembangunan jalan yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi yakni pembangunan jalan 90 km pada 2011, lalu menambah jalan 250 km pada 2012 dan pada 2013 dibangun jalan sepanjang 200 km.

Dia mengatakan bahwa tingkat kunjungan wisata di Banyuwangi beberapa tahun terakhir pun naik cukup signifikan dengan rerata peningkatan 40%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyuwangi, arus kedatangan penumpang melalui Bandara Blimbingsari pada 2012 yakni 12.146 penumpang atau naik dibandingkan 2011 yakni 3.977 penumpang.

Selain wisata alam di Segitiga Emas tersebut, ada lokasi wisata lain yang berpotensi untuk dikunjungi, di antaranya seperti Pulau Merah, Taman Nasional Baluran, Agrowisata Kalibendo, Teluk Hijau, wisata budaya Osing dan ajang Karnaval yang kerap digelar oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper