Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Harap Presiden Berikut Bisa Manfaatkan Kestabilan Ekonomi RI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan presiden pengganti dirinya bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi memanfaatkan kestabilan ekonomi Indonesia saat ini

 

Bisnis . com, JAKARTA- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan presiden pengganti dirinya bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi memanfaatkan kestabilan ekonomi Indonesia saat ini.

SBY mengatakan pemerintah saat ini telah berhasil menjalankan tata kelola ekonomi dengan prudent, sambil terus berusaha meningkatkan daya saing iklim bisnis di Indonesia.

Kehati-hatian pemerintah, paparnya, mampu membawa perekonomian Tanah Air menghindari krisis melalui beberapa periode gejolak perekonomian global.

Kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dunia usaha juga berhasil meningkatkan posisi Indonesia dalam peringkat Global Competitiveness Index.

Indonesia pada 2013 berada pada posisi ke-38 dalam tabel tahunan dikeluarkan Bank Dunia tersebut, atau naik dari posisi ke-50 pada 2012.

Kepala Negara mengharapkan presiden pengganti dirinya pada 2014 mampu menggunakan keberhasilan tersebut sebagai pondasi mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di masa depan.

“Ini harus jadi confidence building. Ini modal. Disebut 2030 (Indonesia bisa menjadi kekuatan ekonomi dunia), setidaknya ada 2 presiden lagi,” kata SBY di dalam Forum CEO Kompas, Rabu (27/11/2013).

Kepala Negara mengharapkan para pelaku usaha tidak hanya mengukur keberhasilan ekonomi pemerintah saat ini dan yang akan datang hanya dari pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah, lanjutnya, juga harus mampu mengendalikan tingkat harga dan pengentasan kemiskinan di samping upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kalau hanya menjadikan growth sebagai satu-satu indikator keberhasilan, ketika tidak tumbuh seolah-olah tidak berhasil,” kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper