Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkop Polhukam: Keamanan Jelang Pemilu 2014 Sangat Dinamis

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan situasi politik serta keamanan di dalam negeri menjelang Pemilu 2014 sangat dinamis.

Bisnis.com, BEIJING - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan situasi politik serta keamanan di dalam negeri menjelang Pemilu 2014 sangat dinamis.

"Semua proses terkait Pemilu terus dijalankan, setiap masalah coba dikelola dengan baik," katanya usai memberikan pembekalan kepada kepala, wakil dan staf perwakilan RI se-Asia Pasifik di Beijing, Jumat (15/11/2013) malam.

Djoko menjelaskan nama-nama capres mulai bermunculan, dianalisa, disurvei, oleh lembaga survei parpol, dan lainnya, data pemilih terus disinkronkan antara data KPU dan Kemendagri.

"Dinamikanya sangat wajar, hanya saja masalah Daftar Pemilih Tetap masih dalam proses verifikasi dan klarifikasi. Ada sekitar 10 juta data masuk yang harus diklarifikasi," kata Djoko.

Perbedaan data antara Komisi Pemilihan Umum dan Kemendagri, wajar terjadi karena dasar penghitungannya juga berbeda.

"KPU berdasarkan pendataan yang dilakukan melalui organ-organnya, kemendagri berdasar e-KTP. Ini yang coba disinkronkan. Ini penting karena sebagian pemilih juga berada di luar negeri," tutur Djoko.

Bagi WNI diluar negeri, dinamika penetapan DPT juga memiliki persoalan sendiri seperti WNI yang paspornya hilang, atau ditahan majikannya, bekerja di ladang yang jauh dari jangkauan petugas PPLN, lanjut Menkopolhukam.

"Perbedaan data ini harus disinkronkan lagi. Jika tidak akan menimbulkan kisruh di belakang hari, seperti dugaan data yang tidak akurat untuk penggelembungan suara memenangkan pihak atau individu tertentu," tutur Djoko.

Ia menegaskan masalah DPT penting pula dicermati dan dikawal oleh perwakilan RI di mancanegara, mengingat sebagian pemilih ada di luar negeri.

"Bagi caleg, atau parpol kehilangan satu suara saja itu sangat berarti. Jadi, kita harus benar-benar cermati masalah DPT ini agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari," kata Djoko.

Terkait nama-nama yang muncul sebagai kandidat presiden mendatang, ia menilai semuanya memiliki peluang yang sama.

"Tinggal kita melihat siapa yang menjadi pilihan rakyat. Survei yang valid itu yaa...hasil Pemilu nanti. Kalau survei oleh parpol atau lembaga independen saat ini kan masih dinamis," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper