Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lalu Lintas Jalan Lintas Pinggir Danau Toba Lumpuh Total

Jalan lintas pinggir Danau Toba yang menghubungkan Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan Kecamatan Muara, Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara tertutup longsor dan hingga kini belum bisa dilalui kenderaan bermotor.
Nurbaiti
Nurbaiti - Bisnis.com 15 November 2013  |  09:38 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan lintas pinggir Danau Toba yang menghubungkan Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan Kecamatan Muara, Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara tertutup longsor dan hingga kini belum bisa dilalui kenderaan bermotor.

"Badan jalan yang tertutup tanah longsor di Desa Simangulampe itu mencapai sekitar 15 meter, hingga mengakibatkan lumpuhnya arus lalu lintas sejak Selasa [12/11]," kata Kabag Humas Pemkab Humbahas, Osborn Siahaan di Dolok Sanggul, seperti dikutip Antara, Jumat (15/11/2013).

Menurut dia, pengalihan arus lalu lintasjuga tidak dapat dilakukan karena pada sisi kiri ruas jalan tersebut berbatasan dengan Danau Toba, sedangkan di sisi kanannya terdapat tebing gunung yang cukup tinggi.

Juru bicara Pemkab Humbahas itu mengatakan pembersihan jalan belum dapat dilakukan karena kondisi tebing dinilai masih labil dan rentan terhadap erosi, sehingga dikhawatirkan kembali terjadinya longsor. Apalagi, imbuhnya, saat ini intensitas curah hujan masih cukup tinggi.

Selama ini, lanjut Osborn, jalan tersebut cukup banyak dilintasi wisatawan yang bermaksud menikmati panorama danau Toba, sekaligus sebagai sarana transportasi mengangkut hasil bumi ke Dolok Sanggul, ibukota Kabupaten Humbahas.

"Macetnya arus lalu lintas cukup menggangu roda perekonomian warga setempat, akibat kondisi jalan yang belum dapat dilewati kenderaan bermotor," katanya.

Camat Baktiraja, Arwan Silaban menambahkan infrastruktur jalan tertutup tanah longsor yang menghubungkan kedua kabupaten tersebut berkisar 50 meter sehingga sangat menggangu pengguna jalan yang melintas.

Kawasan tersebut merupakan daerah rawan longsor, terutama saat musim hujan. "Kami menghimbau agar warga menggunakan jalur lintasan lain untuk sementara waktu, demi keselamatan pengguna jalan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

longsor tanah longsor danau toba hujan deras pesta danau toba

Sumber : Newswire

Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top