Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebanyak 1.100 Perusahaan di Sulawesi Tengah Tak Ikuti Program Jamsostek

Bisnis.com, PALU - Sebanyak 1.100 dari 2.368 perusahaan di Sulawesi Tengah yang wajib mengikuti program Jamsostek belum juga menjadikan karyawannya sebagai peserta program jaminan sosial tenaga kerja ini.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 28 September 2013  |  16:20 WIB

Bisnis.com, PALU - Sebanyak 1.100 dari 2.368 perusahaan di Sulawesi Tengah yang wajib mengikuti program Jamsostek belum juga menjadikan karyawannya sebagai peserta program jaminan sosial tenaga kerja ini.

Kepala Cabang PT Jamsostek Sulteng Herkules mengatakan mencatat ada 2.300 perusahaan dengan 51.000-an tenaga kerja yang wajib ikut Jamsostek di Sulteng,

“Namun yang aktif menjadi peserta baru 1.268 perusahaan dengan 31.325 tenaga kerja," kata Herkules saat dihubungi di Palu, Sabtu (28/9/2013).

Dia mengemukakan dengan berubahnya status PT Jamsostek menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mulai 1 Januari 2014, kepesertaan perusahaan dan tenaga kerja ke dalam BPJS ini akan semakin meningkat.

BPJS Ketenagakerjaan ini nantinya hanya akan melaksanakan tiga program yakni program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan hari Tua (JHT) sementara program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) akan diambil alih PT. Askes yang akan berubah nama menjadi BPJS Kesehatan.

Dia mengatakan bahwa pelayanan kepada peserta Jamsostek dewasa ini semakin ditingkatkan dan diperluas, baik dari aspek kemudahan menjadi peserta maupun pelayanan klaim.

"Jumlah kota atau kabupaten dimana Jamsostek memiliki kantor pelayanan akan ditambah. Dalam beberapa waktu mendatang, akan dibuka kantor pelayanan di Morowali dan Tolitoli," ujarnya.

Dua kabupaten ini diprioritaskan karena banyaknya pekerja sektor pertambangan dan perkebunan di daerah itu.

Sekarang ini, selain kantor pelayanan di Kota Palu, Jamsostek juga memiliki kantor pelayanan di Luwuk yang menjangkau peserta di Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan dan Banggai Laut dan Tojo Una Una.

Sementara itu, kantor di Tolitoli nantinya akan melayani dua kabupaten yakni Tolitoli dan Buol, sedangkan kantor di Morowali nantinya akan melayani Kabupaten Morowali dan Poso.

Keberadaan kantor-kantor pelayanan tersebut diperkuat lagi dengan kerja sama Jamsostek dan Bank BRI mulai Juli 2013 yang menjadi lokasi kantor-kantor BRI sampai di tingkat BRI Unit Desa bisa melayani pendaftaran peserta, pembayaran premi dan klaim-klaim Jamsostek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjs karyawan jamasostek

Sumber : Newswire

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top