Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Masalah Pangan, Indonesia Usul Peningkatan Level Kerja Sama Asean+3

Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Indonesia mengusulkan  Asean meningkatkan level kerja sama dengan Jepang, Korea, dan India dalam kerangka Asean Plus Three. Ketiga negara tersebut selama ini menjadi mitra strategis Asean dalam menghadapi persoalan

130928_asean+3.jpg
130928_asean+3.jpg
Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Indonesia mengusulkan  Asean meningkatkan level kerja sama dengan Jepang, Korea, dan India dalam kerangka Asean Plus Three. Ketiga negara tersebut selama ini menjadi mitra strategis Asean dalam menghadapi persoalan pangan dan pertanian.   

Menteri Pertanian RI Suswono mengatakan hal itu ketika menyampaikan pandangannya dalam pertemuan ke 13 menteri pertanian dan kehutanan Asean dengan tiga negara mitra China, Jepang, dan Korea Selatan, Jumat (27/9) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kesempatan itu Mentan Suswono mengemukakan Indonesia bersama-sama dengan negara Asean Plus Three memiliki tanggung jawab yang sama untuk memastikan ketahanan pangan dan pertanian.

Untuk itu, Indonesia menegaskan kembali dukungannya terhadap berbagai langkah nyata untuk menjaga ketahanan pangan dan keamanan pertanian di kawasan.

“Saya ingin mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerjasama bahu membahu menciptakan ketahanan pangan, bukan hanya untuk generasi kita, tetapi juga untuk anak cucu kita,” kata Mentan Suswono, dalam siaran persnya Minggu (29/9/2013)

Mentan Suswono menyampaikan, Indonesia mengapresiasi kerja sama antara Asean dengan tiga negara mitranya dalam bidang pangan dan pertanian. Menurut Mentan, kerjasama Aean dengan ketiga mitranya tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar di sektor pangan dan pertanian di negara-negara Asean, khususnya untuk menghadapi Asean Commmunity 2015

Mentan juga melihat sejumlah kemajuan dan adanya langkah-langkah konkrit dalam kerjasama tersebut. Namun demikian, Indonesia meyakini masih banyak ruang untuk lebih meningkatkan kerjasama di banyak bidang. Seperti  upaya mengatasi isu perubahan iklim dan pengembangan bio energi, memperbaharui pengembangan teknologi transfer, riset dan pengembangan, dan sejumlah bidang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper