Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serunya Merayakan Kemerdekaan RI di Filipina

Bisnis.com, JAKARTA—Kemeriahan peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 dirayakan dengan semarak di seantero Nusantara. Tidak hanya di dalam negeri, para warga negara Indonesia di Flilipina pun larut dalam seremoni tersebut

Bisnis.com, JAKARTA—Kemeriahan peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-68 dirayakan dengan semarak di seantero Nusantara. Tidak hanya di dalam negeri, para warga negara Indonesia di Flilipina pun larut dalam seremoni tersebut .

Dhaniel Wisnu, seorang mahasiswa asal Tangerang di Manila menuturkan upacara peringatan tersebut berlangsung dengan khidmat di Kedutaan Besar Indonesia untuk Filipina.

“Tadi acaranya dibuka dengan upacara bendera sekitar pukul 10.15 [waktu setempat]. Ada sekitar 300 orang,’ katanya kepada Bisnis, Sabtu (17/8/2013).

Dia mengungkapkan dalam upacara bendera tersebut Duta Besar Indonesia untuk Filipina Yohanes Kristiarto Suryo Legowo berharap para warga negara Indonesia (WNI) di Filipina dapat menjaga citra bangsa yang sangat baik di mata orang Filipina.

Tidak berakhir di situ, Whisnu mengungkapkan seremoni tersebut dilanjutkan dengan acara ramah tamah yang diselingi berbagai permainan layaknya yang terjadi di Indonesia.

Gamesnya, mengambil uang dari pin bowling yang digantung dengan hadiah mulai dari 20 peso-1000 peso dan yang paling besar US $100. Juga ada lomba balap jalan dengan membawa nyiru di kepala dan lomba bawa kelereng dengan sendok yang digigit,” ungkapnya.

Dia pun mengungkapkan rasa senangnya bisa bertemu dengan WNI lainnya di Filipina.

“Senang banget benar-benar akrab dengan semuanya, seperti satu keluarga.Kita ngobrol tentang hal-hal yang dulu dialami di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Erwin Pallalungan, mahasiswa asal Indonesia yang baru pertama kalinya merayakan seremoni 17-an di negeri orang pun mengungkapkan kesannya.

“Setelah sekian lama tidak mengikuti upacara, rasanya bangga sekali bisa ikut upacara di negara orang. Meski sederhana kekhidmatannya beda banget dengan di Indonesia,” terangnya.

Dia pun berharap keakraban yang terjalin pada perayaan tersebut bisa memberikan harapan baru bagi terciptanya kerukunan hidup antar warga di Indonesia.

“Rasanya luar biasa ketemu degan orang orang Indonesia di negara orang. Walau berbeda latar belakang, kami saling mengakrabkan diri. Semoga masyarakat Indonesia juga bisa seperti itu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper