Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Usai, Multifinance Antisipasi Kenaikan NPL

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan multifinance memasang strategi untuk mencegah kenaikan kredit macet atau non performing loan (NPL) yang biasanya terjadi usai libur Idulfitri.Gunawan, Chief Executive Officer (CEO) PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI),

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan multifinance memasang strategi untuk mencegah kenaikan kredit macet atau non performing loan (NPL) yang biasanya terjadi usai libur Idulfitri.

Gunawan, Chief Executive Officer (CEO) PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI), mengatakan kenaikan kredit macet wajar terjadi usai Lebaran karena keuangan masyarakat banyak tersedot untuk berbagai keperluan saat hari raya.

“Namun [naik tidaknya NPL] semua tergantung bagaimana perusahaan menyiasatinya,” katanya kepada Bisnis, Rabu (14/8/2013).

Menurutnya, IMFI telah menyiapkan strategi khusus agar NPL tidak melonjak selama Agustus 2013. Dalam keadaan normal, NPL perusahaan tersebut tetap terjaga dibawah 1%.

Dari sisi nasabah, perusahaan memberi insentif khusus saat menjelang dan sesudah Lebaran bagi mereka yang mampu melunasi cicilan kredit lebih cepat. Insentif tersebut diberikan sepanjang Juli-Agustus 2013, tujuannya agar nasabah memprioritaskan dalam membayar tagihan kendaraan bermotor.

Sementara dari sisi collection atau penagihan, tim didorong agar lebih intensif dalam mendatangi konsumen. Bahkan, upaya penagihan juga lebih gencar dengan memanfaatkan short message service (sms) dan telepon untuk mengingatkan para nasabah. “Jadi ada dua [upaya] yaitu insentif dan intensif,” katanya.

IMFI menyalurkan pembiayaan untuk mobil, sepeda motor, kendaraan niaga, serta alat berat.

Direktur Keuangan PT Adira Dinamika Multifinance (Adira Finance) I Dewa Made Susila mengatakan adanya libur Lebaran memang menjadi faktor yang mendorong kemungkinan naiknya NPL pada Agustus 2013 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Para nasabah, lanjutnya, banyak yang melakukan aktivitas mudik atau pulang ke kampung halaman. Hal ini akan menghambat tim penagih untuk bertemu nasabah.

Dia mengharapkan, NPL Adira Finance selama Agustus 2013 tidak mengalami kenaikan signifikan dan tetap terjaga pada kisaran 1,4%-1,5%. Menurutnya, pada Juli 2013, NPL perusahaan berada dibawah 1,4%.

Perusahaan, lanjutnya, berupaya menjaga NPL usai Lebaran dengan cara mendorong kinerja tim collection untuk bekerja lebih cepat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper