Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Arus Balik: Pelabuhan Merak Diserbu 7.808 Kendaraan Bermotor

Bisnis.com, MERAK -Tidak kurang dari 7.808 kendaraan bermotor menyerbu Pelabuhan Merak Banten dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 Agustus 2013  |  16:14 WIB

Bisnis.com, MERAK -Tidak kurang dari 7.808 kendaraan bermotor menyerbu Pelabuhan Merak Banten dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Padatnya kendaraan bermotor yang datang dari Sumatra itu menunjukkan arus balik sudah mulai terasa di kedua pelabuhan itu. ASDP Bakauheni saja mencatat sejak pukul 08.00 WIB 9 Agustus 2013 hingga pukul 08.00 WIB pagi tadi 7.808 kendaraan bermotor itu datang dengan 29 kapal yang beroperasi saat itu.

Jumlah kendaraan yang datang ke Jawa itu 60,1% lebih tinggi dibandingkan jumlah kendaraan yang datang pada periode yang sama hari sebelumnya dengan 4.875 unit.

Bahkan, sesuai catatan ASDP Bakauheni yang dilansir Sabtu (10/8/2013), jumlah kendaraan bermotor yang datang itu sedikit lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan yang meninggalkan Jawa melalui Pelabuhan Merak mencapai 7.493 unit.

Kendaraan jenis mobil pribadi mendominasi jumlah kendaraan yang datang dengan 4.160 unit, kemudian sepeda motor dengan 3.343 unit. Selain itu, ada juga 183 truk yang datang melalui kedua pelabuhan itu.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan memisahkan truk dan kendaraan berat angkutan barang dengan penumpang arus balik untuk menghindari kepadatan di pelabuhan.

Mario Sardadi Oetomo, juru bicara ASDP Cabang Merak, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan ASDP Bakauheni untuk memisahkan truk dan kendaraan berat angkutan barang dengan penumpang arus balik.

Truk dan kendaraan berat angkutan barang itu nantinya hanya akan melalui dermaga 4 dan 5 pelabuhan, sehingga tidak mengganggu aliran penumpang di pelabuhan.

ASDP Bakauheni bahkan telah bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk mengalihkan truk dan kendaraan berat angkutan barat jika terjadi penumpukan di pelabuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan merak Arus Balik Info Mudik
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top