Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Gratis: Penumpang Terminal Kampung Rambutan Turun 65%

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya program mudik gratis yang diadakan oleh instansi pemerintah dan perusahaan membuat animo masyarakat untuk menggunakan transportasi bis umum berkurang. Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Dwi Basuki mengatakan sejak

Bisnis.com, JAKARTA - Banyaknya program mudik gratis yang diadakan oleh instansi pemerintah dan perusahaan membuat animo masyarakat untuk menggunakan transportasi bis umum berkurang. 

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan Dwi Basuki mengatakan sejak H-2 Lebaran, jumlah penumpang terus mengalami penurunan.

Berdasarkan data Terminal Kampung Rambutan, jumlah penumpang pada Senin (5/8/2013) H-3 menurun menjadi 21.009 orang penumpang dan Selasa (6/8/2013) H-2 menjadi 15.282 penumpang. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pemudik tahun ini menurun drastis hingga 53%.

Puncak arus mudik terjadi pada Minggu (4/8/2013), yakni sebesar 26.546 penumpang.

"Ini disebabkan oleh makin banyaknya program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah," kata Basuki saat ditemui Bisnis, di kantornya hari ini, Rabu (7/8/2013).

Jumlah penumpang yang diberangkatkan melalui terminal ini pada H-3 dan H-2 Lebaran tahun lalu masing-masing 27.317 orang dan 32.700 orang. H-2 merupakan puncak arus mudik pada 2012.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan mengadakan mudik gratis menggunakan 2.000 bus. Jika satu bus memuat 50 orang, pemudik gratis tersebut sudah berjumlah 100.000 orang.

Terminal Kampung Rambutan tahun ini memberangkatkan pemudik ke 47 trayek, yakni 21 trayek Jawa Barat, 15 trayek Jawa Tengah, delapan trayek Jawa Timur, dan tiga trayek Sumatra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper