Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran: Jalur Selatan Jawa Barat Masih Lengang

Bisnis.com, BANDUNG--Arus pemudik di jalur selatan Jawa Barat atau Bandung-Nagreg-Tasikmalaya-Jawa Tengah pada Jumat pagi atau H-6 Lebaran masih belum tampak adanya peningkatan yang signifikan.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 02 Agustus 2013  |  08:01 WIB

Bisnis.com, BANDUNG--Arus pemudik di jalur selatan Jawa Barat atau Bandung-Nagreg-Tasikmalaya-Jawa Tengah pada Jumat pagi atau H-6 Lebaran masih belum tampak adanya peningkatan yang signifikan.

Arus lalu lintas mudik Lebaran 2013 pada H-7 atau Kamis (1/8) juga belum terlalu ramai. Namun demikian, pantauan Antara menunjukkan sudah ada pemudik bersepeda motor yang melintas di jalur itu.

"Jumat siang ini kemungkinan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik, selepas Shalat Jumat. Pasalnya bagi PNS hari terakhir kerja dan anak sekolah sudah libur," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Rusdi Hartono di Bandung, Jumat (2/8/2013).

Dia memperkirakan puncak pemudik akan terjadi pada Sabtu hingga Senin mendatang, dimana akhir pekan ini akan langsung membludak.

"Di Jalur Pantura pemudik sudah meningkat sejak Kamis kemarin, dan Selatan menyusul hari ini. Yang jelas seluruh personil Polri sudah siap melakukan pengamanan jalur sejak kemarin," kata Rusdi.

Menurut dia, pihaknya pengerahkan ratusas Posko Pengamanan di sepanjang jalur itu, termasuk Posko Utama di Cikopo Purwakarta. Posko lainnya digelar di sepanjang jalur oleh Polres masing-masing, terutama di jalur-jalur rawan kemacetan.

"Di jalur rawan kita tempatkan personil per 200 meter, kita pagar betis. Kami berharap pemudik lebih sabar dan disiplin dalam berkendaan sehingga bisa menghindari kemacetan," katanya.

Khusus untuk mengantisipasi bludakan pemudik bersepeda motor, Polda Jabar telah menyiapkan tim Patwal bermotor yang akan dikawal estapet dari setiap Polres.

"Diimbau pemudik bersepeda motor berkelompok dan menggunakan lajur kiri, hindari berkendara zigzag karena akan mengganggu pengendara lain. Selain itu wajib menyalakan lampu besar sepanjang perjalanan," katanya. (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jabar jalur selatan mudik lebaran
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top