Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kuala Namu Diharapkan Bangkitkan Pariwisata Sumut

Bisnis.com, MEDAN - Pengusaha di sektor pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Association of Indonesia Travel Agents/ASITA) mengharapkan pengoperasian Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) dapat membangkitkan kejayaan pariwisata

Bisnis.com, MEDAN - Pengusaha di sektor pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Association of Indonesia Travel Agents/ASITA) mengharapkan pengoperasian Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) dapat membangkitkan kejayaan pariwisata Sumatra Utara.

Ketua DPD Asita Sumatra Utara Solahuddin Nasution mendukung operasional KNIA bila memang sudah siap beroperasi. Pihak PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandara telah menyatakan kesiapan operasional KNIA. Tentu mereka tidak akan gegabah memberikan pernyataan tersebut.

Apabila terdapat kekurangan-kekurangan yang terjadi di darat, Solahuddin menilai hal tersebut sangat wajar untuk dimaklumi. Sepanjang kekurangan yang ada tidak membahayakan keselamatan penerbangan, tentu operasional bandara harus didukung penuh. KNIA akan menjadi kebanggaan warga Sumut dan kekurangan pada tahap awal merupakan hal yang biasa terjadi.

Dia menjelaskan keberadaan KNIA bagi sektor pariwisata tentu berdampak cukup besar. Memang kedatangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tidak akan terjadi seketika. Namun, dengan akses yang lebih mudah di KNIA secara perlahan wisatawan akan datang ke Sumut.

"Dengan posisi yang strategis di perlintasan Asia-Pasifik, KNIA bisa mendatangkan penerbangan langsung internasional dan berbagi dengan Singapura dan Malaysia. Bahkan KNIA bisa menggeser Singapura dan Malaysia, harapan kami begitu," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (24/7/2013).

Sebagai gerbang bagian barat Indonesia, KNIA diharapkan akan memiliki penerbangan langsung dari/ke luar negeri. Penerbangan langsung Medan-Eropa diharapkan akan dilirik oleh maskapai nasional maupun internasional agar Wisman asal Eropa kembali berdatangan ke Sumut.

Beberapa tahun silam, Wisman asal Eropa sempat merajai kunjungan wisatawan ke Sumut. Ketika itu masih ada penerbangan langsung dari Eropa ke Bandara Polonia. Untuk itulah diperlukan kerjasama antara pelaku usaha, pemerintah daerah dan maskapai agar terjadi peningatan wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper