Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA MENTAWAI, Rasakan Getaran, Warga Padang Mulai Cemas

BISNIS.COM, PADANG --  Warga Kota Padang, Sumatra Barat merasakan getaran dari gempa berkekuatan 6,1 skala Richter yang melanda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu pukul 12.05 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),

BISNIS.COM, PADANG --  Warga Kota Padang, Sumatra Barat merasakan getaran dari gempa berkekuatan 6,1 skala Richter yang melanda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu pukul 12.05 WIB.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa kekuatan 6,1 SR terjadi di 3,41 Lintang Selatan, dan 100,26 Bujur Timur.

Pusat gempa tersebut berada di 149 km tenggara Mentawai, di kedalaman 36 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Anggi warga Kota Padang menyatakan getaran gempa sangat kuat sehingga ia langsung ke luar rumah.

"Saat terjadi gempa, saya berada di lantai dua. Karena getaran gempa sangat kuat, kami langsung berhamburan keluar luar rumah untuk menyelamatkan diri," katanya.

Menurut dia, merasa khawatir jika terjadi gempa susulan yang sangat kuat, bagaimana pun rasa trauma masih ada ketika terjadi gempa pada 30 September 2009.

Ia berharap gempa tidak mengakibatkan bencana besa.

"Rasa takut masih kuat apalagi akibat gempa di Aceh beberapa hari yang lalu banyak bangunan yang rubuh, serta menelan korban jiwa," ungkap Anggi.

Sementara itu Staf Obeservasi BMKG Padangpanjang Fitri Anggraini menyatakan gempa yang melanda Kabupaten Kepuluan Mentawai tidak menimbulkan tsunami.

"Walaupun getaran gempa yang dirasakan sangat kuat, namun tidak menimbulkan tsunami,"kata dia.

Dia menambahkan, berdasarkan laporan sementara belum ada bangunan yang roboh maupun korban jiwa ketika terjadi gempa dengan kekuatan 6,1 SR tersebut.

"Hingga saat ini masih memantuan apakah akan terjadinya gempa susulan," ungkapnya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper