Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UN SMP 2013: Nilai rata-rata SMPN 1 Magelang Tertinggi Nasional

BISNIS.COM, MAGELANG  - Hasil Ujian Nasional 2012/2013 SMP Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah, menduduki petingkat pertama nasional dengan nilai rata-rata 9,14. Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang Kunadi di Magelang, menyebutkan dari 162 siswa peserta

BISNIS.COM, MAGELANG  - Hasil Ujian Nasional 2012/2013 SMP Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah, menduduki petingkat pertama nasional dengan nilai rata-rata 9,14.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang Kunadi di Magelang, menyebutkan dari 162 siswa peserta UN, sebanyak 71 siswa di antaranya meraih nilai matematika 10, kemudian dua anak dengan nilai bahasa Inggris 10, dan tiga anak dengan nilai IPA 10.

"Prestasi ini kami raih tidak semudah membalik telapak tangan, tim guru memang solid, selalu kooperatif baik guru mata pelajaran [mapel] UN maupun mapel non-UN," katanya, Sabtu (1/6/2013)..

Dia mengatakan untuk dapat meraih prestasi tersebut, tim guru mapel UN mempunyai strategi, antara lain mengutamakan proses dan kualitas pembelajaran.

"Guru-guru kami profesional, bersinergi dengan mengutamakan mutu proses untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi," katanya.

Dia mengatakan beberapa bulan sebelum pelaksanaan UN, anak-anak diberi foto kopi soal-soal ujian secara gratis, kemudian dibahas bersama guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Adapun siswa yang nilainya kurang mengikuti pendalaman materi pada jam ke-0. "Namun, dalam praktiknya mereka yang nilainya sudah bagus juga ikut pendalaman materi tersebut," katanya.

Menurutnya, untuk memacu prestasi siswa edilakukan kompetisi antarsiswa dengan tes kompetisi dan juga kompetisi antarkelas yang diselenggarakan setiap dua bulan sekali.

Selain menduduki peringkat pertama UN, salah satu siswa SMP Negeri 1 Kota Magelang, atas nama Setiati Nur Chasanah, menduduki peringkat delapan besar secara nasional dengan nilai rata-rata 9,14.

Kunadi menyebutkan Setiati dengan nilai bahasa Indonesia 9,6, bahasa Inggris 10, matematika 9,75, dan IPA 10.

Setiati mengaku tidak menyangka akan meraih nilai UN yang baik dengan peringat delapan besar secara nasional. "Saat mengerjakan UN dulu merasa kurang puas, karena ada beberapa soal yang belum diselesaikan dengan baik," kata siswa yang suka membaca itu.

Dalam menghadapi UN, selain mengikuti pendalaman materi di sekolah, dia juga mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper