Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI SUMUT: Bandara Kuala Namu & KEK Sei Mangkei Dorong Pertumbuhan 6,5%

BISNIS.COM, MEREK--Pertumbuhan Ekonomi Sumatra Utara pada tahun ini diprediksi bisa mencapai 6,5%, menyusul realisasi sejumlah investasi baru di Bandara Internasional Kuala Namu dan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei.“Untuk tahun ini ekonomi Sumut

BISNIS.COM, MEREK--Pertumbuhan Ekonomi Sumatra Utara pada tahun ini diprediksi bisa mencapai 6,5%, menyusul realisasi sejumlah investasi baru di Bandara Internasional Kuala Namu dan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei.

“Untuk tahun ini ekonomi Sumut diprediksi bisa tumbuh sekitar 6,3% hingga 6,5%,” jelas Demina R Sitepu, Peneliti Ekonomi Senior Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah IX, dalam diskusi ekonomi yang digelar di Taman Simalem Resort, Merek, Kabupaten Karo, Sumut, Rabu (22/5/2013).

Demina mengatakan dua proyek pembangunan raksasa di Sumatra Utara itu memberikan sumbangan yang signifikan terhadap perubahan ekonomi Sumut, sehingga diprediksi menguat dibandingkan dengan realisasi pada 2012 yang berada dikisaran 6,2%.

Peran KEK Sei Mangkei dan bandara baru Kuala Namu dalam mendorong perekonomian mulai terlihat sejak kuartal pertama tahun ini, di mana porsi investasi dalam produk domestik regional bruto (PDRB) meningkat, meskipun konsumsi ikut menopang ekonomi Sumut.

“Pertumbuhan investasi pada kuartal pertama terus berlanjut ke triwulan berikutnya.  Terlebih lagi sejumlah proyek besar, seperti Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei yang ditargetkan mulai beroperasi pada awal 2014,” paparnya.

Dari sisi penawaran, jelasnya, pertumbuhan ekonomi Sumut pada kuartal berikutnya, diprediksi akan didominasi oleh sektor pertanian, sektor perdagangan, hotel, dan restoran, serta sektor angkut dan telekomunikasi.

Hingga akhir April 2013, optimisme masyarakat terhadap kondisi perekonomian Sumatra Utara tetap terjaga, terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) yang melonjak 20,59% dibandingkan dengan angka pada bulan yang sama tahun lalu.

“Indeks Ekspektasi Kosumen (IEK) menguat 13,8% (year-on-year), dan Indeks Keyakinan Konsumsen (IKK) menguat 17,05% dibandingkan dengan angka pada April 2012. Ini menunjukkan masyarakat optimistis terhadap perekonomian Sumut pada tahun ini,” paparnya.(yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper