Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNDERLYING VALAS: Kebijakan Bank Indonesia Mesti Disambut Positif

BISNIS.COM, JAKARTA: Kebijakan underlying atau adanya surat jaminan setiap transaksi minimal sebesar US$100.000 yang baru-baru ini dikeluarkan pihak Bank Indonesia (BI) itu mengakibatkan sedikitnya 25 pedangan setop operasi. Namun, kebijakan itu semestinya

BISNIS.COM, JAKARTA: Kebijakan underlying atau adanya surat jaminan setiap transaksi minimal sebesar US$100.000 yang baru-baru ini dikeluarkan pihak Bank Indonesia (BI) itu mengakibatkan sedikitnya 25 pedangan setop operasi. Namun, kebijakan itu semestinya disambut positif.

Lana Soelistianingsih, analis di Samuel Sekuritas, mengatakan kebijakan Bank Indonesia tersebut seharusnya disambut baik. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengurangi tekanan spekulasi terhadap rupiah.

“Memang dalam perdagangan valas tersebut, selain disinyalir terdapat spekulan, ada kemungkinan praktek money laundering juga terjadi,” ujarnya pada Senin (20/5/2013)

Dia menambahkan cadangan devisa Indonesia sebesar US$107 miliar saat ini berada dalam level yang mengkhawatirkan. Bank Indonesia selaku penjaga gawang devisa sudah sepatutnya memperketat kebijakan.

“Apalagi dalam neraca pembayaran Indonesia baru-baru ini, terdapat jumlah besar penempatan valas dari pihak swasta di luar negeri. Jumlahnya sekitar US$7 miliar, dan sepertinya BI mengetahui siapa saja pihak swasta tersebut,” tambahnya.  (Giras Pasopati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper