Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GEMPA BUMI Guncang Pengalengan

BISNIS.COM, JAKARTA-Gempa bumi 4,1 SR dirasakan masyarakat Pengalengan Jawa Barat. Meskipun gempanya kecil namun karena sumbernya di darat sehingga guncangan gempa sangat terasa oleh masyarakat.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 06 Mei 2013  |  21:20 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-Gempa bumi 4,1 SR dirasakan masyarakat Pengalengan Jawa Barat. Meskipun gempanya kecil namun karena sumbernya di darat sehingga guncangan gempa sangat terasa oleh masyarakat.

Siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan gempa magnitude 4.1 SR telah terjadi pada 06 Mei 2013 pukul 18:11:58 WIB.

Pusat gempa di koordinat 7.41 LS,107.56 BT atau 27 km barat daya Garut-Jabar. Sumber gempa pada kedalaman 10 kilometer berada di darat.
Guncangan gempa dirasakan II MMI di Bandung Selatan, Pengalengan, dan Banjaran. Amplituda maksimum 44 mm,  durasi 160  detik. Belum ada laporan dampak dari gempa tersebut. Masyarakat diimbau tetap tenang.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologimelaporkan status Gunung Papandayan di Garut naik dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level I). Jarak Pengalengan dan Papandayan tidak terlalu jauh.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kenaikan status itu terhitung sejak Minggu (5/6) sekitar pukul 12.00 WIB.

"PVMBG sudah melaporkan status itu kepada BNPB dan BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] Jawa Barat untuk ditindaklanjuti," katanya dalam situs BNPB, Senin (6/5/2013).

Dia menjelaskan meningkatnya aktivitas itu ditandai pada 5 Mei 2013, pukul 00.00 hingga 06.00 WIB dengan 60 kali gempa tektonik lokal dan 10 kali gempa vulkanik dangkal. (mfm)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa jawa barat bnpb geologi garut papandayan pengalengan badan nasional penanggulangan bencana
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top