Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WABAH MALARIA Melanda Kawasan Timur Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA – Malaria masih menjadi penyakit serius di luar Pulau Jawa dan Bali. Catatan Kementerian Kesehatan menunjukkan daerah yang paling tinggi intensitas malaria yakni kawasan timur Indonesia seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.

BISNIS.COM, JAKARTA – Malaria masih menjadi penyakit serius di luar Pulau Jawa dan Bali. Catatan Kementerian Kesehatan menunjukkan daerah yang paling tinggi intensitas malaria yakni kawasan timur Indonesia seperti Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara. Daerah dengan intensitas malaria sedang ada di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sementara, daerah dengan tingkat intensitas malaria rendah ada di Jawa dan Bali. Jumlah kasus malaria positif per 2011 di Indonesia sebanyak 256.592.

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan annual parasite incidence (API) Indonesia pada 2011 sebesar 1,7. API merupakan angka kesakitan malaria (berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium) per 1.000 penduduk dalam 1 tahun. API di Nusa Tenggara Timur sebesar 14,8, Papua 23,3, dan terbesar di  Papua Barat sebesar 33,3.

Jelang Hari Malaria Sedunia pada 25 April nanti, Indonesia Malaria Care Foundation (IMCF) menggelar sosialisasi pencegahan dan pemberantasan malaria. Diawali lewat kegiatan promosi di kawasan bundaran Hotel Indonesia pada pagi ini, Selasa (23/4/2013).

Chairman IMCF Kanisius Kami mengatakan di sana sejumlah relawan menggelar spanduk dan membagikan brosur film Mary and Martha. Spanduk bertuliskan pesan atau ajakan bagi masyarakat untuk peduli akan bahaya penyakit malaria. Para sukarelawan juga melakukan atraksi sleep out untuk menyosialisasikan penggunaan kelambu dalam mencegah penularan penyakit malaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper