Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OBITUARY MARGARET THATCHER: Iron Lady Itu Putri Pemilik Toko Kelontong

Margaret Thatcher, yang lahir  dari hasil perkawinan Alfred Roberts dan Beatrice Ethel (née Stephenson) pada 13 Oktober 1925 di Grantham, Lincolnshire,  yang tutup usia 8 April 2013 akibat stroke, putri seorang pemilik toko kelontong.

Margaret Thatcher, yang lahir  dari hasil perkawinan Alfred Roberts dan Beatrice Ethel (née Stephenson) pada 13 Oktober 1925 di Grantham, Lincolnshire,  yang tutup usia 8 April 2013 akibat stroke, putri seorang pemilik toko kelontong. Demikian tulis Clare Beckett dalam bukunya berjudul Margareth Thatcher (2006).

Wanita, yang menghabiskan masa kecilnya di Grantham, adalah Perdana Menteri Britania Raya dengan masa jabatan terlama pada abad ke-20 (1979-1990).  Thatcher –yang dijuluki Iron Lady oleh wartawan asal Uni Soviet— mengawali karir politiknya saat dia menjadi anggota parlemen di wilayah Finchley pada 1959.

Kemudian, pada 1975, dia mampu menumbangkan Edward Healt dalam pemilihan Ketua Partai Konservatif dan menjadi ketua oposisi. Ini tonggak sejarah baginya karena menjadi wanita pertama yang memimpin parpol di Britania Raya.

Ratu Elizabeth II pun menyatakan kesedihannya. "Sang Ratu sangat bersedih mendengar berita meninggalnya Baroness Thatcher.Ratu akan mengirimkan pesan pribadinya untuk menyatakan simpatinya kepada keluarganya," demikian pernyataan Buckingham Palace.

John Major, suksesor Thatcher sebagai PM Inggris, pun menyatakan simpatinya. "Dia melakukan reformasi ekonomi, membuat aturan persatuan dagang. dam me-recovery Kep.Falkland. Dia meraih prestasi lebih baik dari pemimpin lain." lapor Aljazeera.

 

Dengan filosofi politik dan ekonomi yang pro deregulasi khususnya di sector financial –selain swastanisasi BUMN dan menguangi kekuasaan dan pengaruh serikat dagang—sempat menghadapi persoalan. Terutama saat resesi dan tingkat pengangguran yang tinggi.

Berbagai gelar

No     Gelar                                                                      Tahun

  1. Miss Margaret Roberts                                                   1925–1951
  2. Mrs Margaret Thatcher                                                   1951–1959
  3. Mrs Margaret Thatcher, MP                                            1959–1970
  4. The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP                               1970–1983
  5. The Rt Hon. Margaret Thatcher, MP, FRS                       1983–1990
  6. The Rt Hon. Lady Thatcher, OM, MP, FRS                      1990–1992
  7. The Rt Hon. The Baroness Thatcher, OM, PC, FRS        1992–1995
  8. The Rt Hon. The Baroness Thatcher, LG, OM, PC, FRS 1995–2013

Namun, kemampuannya memperbaiki ekonomi Inggris dan sukses perang Falklands 1982, mengubah situasi. Dia kembalui mendapat simpati dan akhirnya kembali menjadi perdana menteri dalam pemilihan kedua 1983.

“Mantan Perdana Menteri Inggris itu tutup usia akibat stroke,” ujar juru bicara keluarga Thatcher, Senin (8/4/2013).

"Dengan duka cita yang dalam, Mark dan Carol Thatcher mengumumkan ibunda mereka, Baroness Thatcher meninggal dengan tenang akibat stroke pagi ini," kata Lord Tim Bell.

Satu-satunya perdana menteri perempuan Inggris itu dikenal sebagai sosok yang tegar dan blak-blakan serta dijuluki sebagai Wanita Besi.

Thatcher yang berusia 87 tahun telah memimpin partai Konservatif untuk mencapai tiga kali kemenangan dalam pemilu dan memerintah dari tahun  1979 hingga 1990.

Hal itu adalah periode terlama yang dipegang oleh perdana menteri Inggris secara berturut-turut sejak awal abad 19.  (foto:mirror.co.uk) (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Editor : Others
Sumber : Antara/Reuters/mirror.co.uk/Aljazeera/
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper