Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PARIWISATA BATU: Walhi Minta Investasi Harus Jaga Lingkungan

BISNIS.COM,BATU -- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur memberi warning agar gencarnya investasi di bidang pariwisata di Kota Batu harus memperhatikan kelestarian lingkungan.          Koordinator Walhi
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 01 April 2013  |  20:57 WIB
PARIWISATA BATU: Walhi Minta Investasi Harus Jaga Lingkungan
Bagikan

BISNIS.COM,BATU -- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur memberi warning agar gencarnya investasi di bidang pariwisata di Kota Batu harus memperhatikan kelestarian lingkungan.
          
Koordinator Walhi Jawa Timur Simpul Malang Purnawan Dwikora Negara mengatakan masuknya investor jangan sampai berimbas pada terjadinya kerusakan pada lingkungan.
          
“Walhi memandang perhatian Pemkot Batu terkait masalah perlindungan tersebut masih cukup lemah. Hal itu ditandai dengan pertemuan yang membahas masalah sumber air di Gemulo Kecamatan Bumiaji yang dikeluhkan masyarakat menyusul pembangunan sebuah hotel dan cottage misalnya, beberapa kali Walikota Batu kami undang tidak hadir,” kata Purnawan kepada Bisnis, Senin (1/4/2013).
          
Walhi meminta agar pemkot tetap memperhatikan masalah kelestarian alam di Kota Batu. Karena jika pemkot tidak bisa mengelola kelestarian alam dan lingkungan maka dikuatirkan dunia pariwisata yang saat ini tengah berkembang pesat tidak akan bertahan lama.
          
Pasalnya investor dinilai Walhi cukup mudah masuk dan berinvestasi di Kota Batu. Namun  disayangkan hal itu belum diimbangi dengan kontrol yang kuat dari pemkot.
          
“Utamanya dalam mempertimbangkan kelestarian alam dan sumber mata air yang ada,” jelas dia.
          
Jika tidak diperhatikan 5-10 tahun lagi Kota Batu akan terancam kering dan kehilangan kesejukan maupun keindahan alamnya. Karena gencarnya investasi yang ada tidak diimbangi dengan kontrol yang kuat.
          
Kendati Batu sudah memiliki peraturan daerah (perda) namun kalau sumber daya manusia yang ada tidak mematuhi peraturan tersebut maka keberadaannya akan sia-sia.
          
“Contohnya izin pembangunan hotel dan cottage yang berada di sekitar sumber mata air Gemulo masih bisa keluar kendati dikeluhkan oleh warga sekitar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata walhi lingkungan kotabatu

Sumber : Muhammad Sofi\'i

Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top