Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UANG PALSU: Peredaran Melonjak 88% Menjelang Pilgub Sumut

BISNIS.COM, MEDAN-–Jumlah temuan uang palsu di Sumatra Utara pada Februari 2013, menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Sumatra Utara tercatat sebesar Rp17,97 juta, meningkat cukup tajam hingga 88,36% dibandingkan bulan yang sama pada periode tahun

BISNIS.COM, MEDAN-–Jumlah temuan uang palsu di Sumatra Utara pada Februari 2013, menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Sumatra Utara tercatat sebesar Rp17,97 juta, meningkat cukup tajam hingga 88,36% dibandingkan bulan yang sama pada periode tahun sebelumnya (Februari 2012) sejumlah Rp9,54 juta.

Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX (Sumut dan Aceh) temuan uang palsu pada Februari sebanyak 300 lembar ini masih didominasi pecahan Rp50.000 yakni sebanyak 229 lembar, diikuti pecahan uang palsu Rp100.000 sebanyak 64 lembar. Sementara pecahan Rp20.000 dan Rp5.000 masing-masing 6 lembar dan 1 lembar.

Sementara itu, secara total selama periode Januari-Februari 2013 telah ditemukan 521 lembar uang palsu senilai Rp31,3 juta. Dengan rincian Januri 2013 sebanyak 221 lembar dengan nilai nominal Rp13,32 juta, meningkat hingga 35% dibandingkan Februari yang tumbuh menjadi Rp17,97 juta.

Deputi Direktur Divisi Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan BI Wilayah IX Mikael Budisatrio mengatakan untuk mencegah peredaran uang yang tidak asli instansinya terus menerapkan pola sosoalisasi 3D (dilihat, diraba, diterawang) berupa TOT dan bekerja sama dengan pihak kepolisian.

“Kami selalu mengingatkan masyarakat untuk menerapkan prinsip 3D setiap menerima uang tunai. Dan bekerja sama dengan kepolisian sebagai salah satu narasumber yang akan dilakukan di kota Medan dan daerah lainnya kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (6/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper