Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PAILIT BATAVIA AIR: Astindo Tuntut Pengembalian Dana Deposit Tiket

JAKARTA—Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) menuntut Batavia Air mengembalikan dana deposit tiket yang sudah disetorkan, menyusul pernyataan stop operasi maskapai penerbangan itu mulai hari ini. Ketua Astindo
- Bisnis.com 31 Januari 2013  |  15:00 WIB

JAKARTA—Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) menuntut Batavia Air mengembalikan dana deposit tiket yang sudah disetorkan, menyusul pernyataan stop operasi maskapai penerbangan itu mulai hari ini.
 
Ketua Astindo Elly Hutabarat mengatakan keputusan pailit Batavia Air merupakan malapetaka bagi bisnis penjual tiket penerbangan atau travel agent anggota Astindo.
 
“Kami sangat menyesalkan kejadian ini kembali terjadi untuk kesekian kalinya dan menjadikan travel agent lagi-lagi sebagai pihak yang dikorbankan,” katanya dalam siaran pers, Kamis (31/1).
 
Dia mengatakan tuntutan pengembalian itu mutlak mesti dilakukan karena dana deposit dari travel agent adalah hak milik travel agent, bukan merupakan bagian dari aset maskapai penerbangan itu.
 
Menurut dia, dana deposit travel agent disetorkan kepada Batavia Air untuk menerbitkan tiket untuk pemesanan atau reservasi yang sudah dibuat. Dengan sistem pembayaran seperti ini, katanya, berarti operasional maskapai penerbangan dimodali oleh travel agent.
 
Pihaknya juga mendesak Kementerian Perhubungan merilis peraturan tentang penempatan dana deposit travel agent, agar disetorkan dalam escrow account atau rekening gabungan di pihak ketiga yang dapat ditarik oleh travel agent saat maskapai berhenti beroperasi.
 
Manajer Humas PT Metro Batavia, operator Batavia Air, Elly Simanjuntak mengatakan semua pihak yang berkepentingan diharapkan menunggu arahan dari kurator.
 
Tim kurator yang dipilih oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat akan menangani berbagai dampak dari diberhentikannya kegiatan bisnis perseroan termasuk urusan refund atau endorse tiket para penumpang, cargo, pajak/tax, penyelesaian karyawan Batavia Air, termasuk mitra terkait seperti travel agent,  kreditor, dan lainnya. (if)
 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top