Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLIMPIADE BAHASA JERMAN: 63 Peserta Ikuti Ujian A2

JAKARTA—Siapakah yang berhasil menjadi juara dalam kompetisi bahasa Jerman se-Indonesia? Sebanyak 63 pembelajar bahasa Jerman dari 25 provinsi di Indonesia akan berkumpul di Goethe-Institut Jakarta pada Selasa (29/1/2013) dan Rabu (30/1/2013) untuk

JAKARTA—Siapakah yang berhasil menjadi juara dalam kompetisi bahasa Jerman se-Indonesia? Sebanyak 63 pembelajar bahasa Jerman dari 25 provinsi di Indonesia akan berkumpul di Goethe-Institut Jakarta pada Selasa (29/1/2013) dan Rabu (30/1/2013) untuk memperebutkan gelar sebagai juara.  

Lebih dari 400 siswa dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam proses seleksi di daerah pada November dan Desember 2012, dimana mereka harus memberikan kemampuan berbahasa Jerman mereka yang terbaik.

“Dari jumlah tersebut terpilih 63 finalis dari 25 provinsi yang berusia antara 16-17 tahun yang akan datang ke Jakarta untuk mengikuti ujian bahasa Jerman tingkat A2,” demikian siaran pers Goethe Institut hari ini, Senin (28/1/2013).

Dalam ujian tersebut mereka akan mendapatkan tema bagaimana mengatasi situasi sehari-hari dalam bahasa Jerman, seperti memahami acara radio, melakukan percakapan mengenai minat dan hobi, memahami informasi dari sebuah surat atau artikel surat kabar atau menulis pesan.

Topik-topik yang dibahas di antaranya keluarga,  bepergian,  tempat tinggal, sekolah,  dan kehidupan sehari-hari di Jerman dan di Indonesia. Format dari kompetisi ini adalah tes tertulis dan berbicara. Sementara itu untuk guru-guru pendamping akan disediakan kegiatan khusus berupa pelatihan kebahasaan.

Hadiah bagi para pemenang adalah program kunjungan ke Jerman yang diberikan oleh PAD ( Pädagogischer Austauschdienst/Dinas Pertukaran Pendidikan).

Pemberian hadiah akan diserahkan kepada para pemenang oleh perwakilan dari Kedutaan Besar Republik Federal Jerman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Goethe-Institut, dan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia.  

Olimpiade Bahasa Jerman Nasional diadakan setiap tahun sejak tahun 2008 oleh Goethe-Institut Indonesien dan bekerja sama dengan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI), serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman.

Program ini didukung oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bahasa dan Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.   (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper