Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KETUA UMUM NASDEM: Rio Capella Serahkan Kursi Ke Surya Paloh

JAKARTA--Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella resmi mengundurkan diri dan menyerahkan pucuk pimpinan partai tersebut kepada Ketua Dewan Majelis Nasional, Surya Paloh.Tugas yang saya emban untuk membangun partai ini berawal dari sebuah mandat.

JAKARTA--Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella resmi mengundurkan diri dan menyerahkan pucuk pimpinan partai tersebut kepada Ketua Dewan Majelis Nasional, Surya Paloh.

"Tugas yang saya emban untuk membangun partai ini berawal dari sebuah mandat. Oleh karena itu, di hadapan saudara-saudara sekalian, saya kembalikan mandat ini kepada bapak Surya Paloh sebagai pemberi mandat," kata Patrice dalam sambutannya pada pembukaan Kongres I Partai Nasdem, Jumat (25/1).

Dengan pengembalian mandat tersebut, ujarnya, dirinya mendukung penuh Surya Paloh untuk diangkat menjadi Ketua Umum Partai NasDem. Dia menyatakan yakin kepemimpinan Surya Paloh akan membawa Partai NasDem menuju kemenangan pada Pemilu 2014.

Dalam sambutannya, Patrice menyatakan bahwa Partai Nasdem didirikan untuk memenangkan Pemilu 2014. Partai tersebut mendapatkan nomor urut 1 setelah lolos dari verifikasi faktual di Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Dengan menang, maka perubahan bangsa ini bisa diwujudkan," ujarnya.

Terkait dengan kisruh yang terjadi di internal Partai NasDem, dia meminta kepada semua kader untuk tidak terpengaruh.

"Cobaan yang datang pada kita, bukan hanya dialami oleh Partai NasDem. Cobaan juga dialami partai-partai lain dan juga partai-partai di negara-negara lain," ujar Patrice.

Sementara terkait pengganti Ketua Dewan Pakar Partai NasDem yang sebelumnya dipegang Hary Tanoesodibjo, Patrice mengatakan, mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto merupakan kandidat kuat untuk menduduki jabatan tersebut.

Sebelumnya, Hary Tanoe mengundurkan diri dari posisi tersebut karena tidak sependapat dengan Surya Paloh dalam hal struktur kepengurusan partai.

Akan tetapi, ujarnya, hal terpenting adalah siapa pun nantinya yang terpilih menjadi Ketua Dewan Pakar Partai NasDem, apakah dari kalangan militer atau tidak, dia bisa membesarkan partai," katanya.  (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper