Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BIKIN PASPOR Di Jakpus & Jakbar 1 Hari Selesai

JAKARTA--Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Barat mulai meluncurkan program pembuatan paspor 1 hari jadi, sedangkan perpanjangan paspor ditargetkan pada hari yang sama selesai.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  12:30 WIB

JAKARTA--Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Barat mulai meluncurkan program pembuatan paspor 1 hari jadi, sedangkan perpanjangan paspor ditargetkan pada hari yang sama selesai.



Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, menegaskan pembuatan paspor 1 hari jadi diharapkan bisa memotong percaloan. Selama ini praktik calo memang memiliki keunggulan bisa menyelesaikan paspor lebih cepat.


"Sudah diluncurkan Jakpus dan Jakbar, nanti dievaluasi serta bila memungkinkan dilaksanakan di seluruh Indonesia," ujar Denny saat membuka talkshow HUT ke-63 Imigrasi di Jakarta, Rabu (23/1).



Dia menegaskan saat ini jajaran imigrasi memang ditarget menyelesaikan pembuatan paspor baru setelah empat hari. Waktu itu dihitung setelah wawancara dan foto.


"Ini dokumen harus direview dokumennya, keamanannya. Faktor keamanan tetap perlu diperhatikan," jelas Denny soal hambatan utama pembuatan paspor baru 1 hari jadi.


Wakil Ketua Ombudsman RI Azlaini Agus pada kesempatan yang sama menilai jarak antara berkas lengkap hingga saat foto saat pembuatan paspor tidak ada aturannya. Jadi dalam praktiknya memang waktu empat hari itu bisa bertambah. "Itu temuan setelah peninjauan 12 kantor," tegasnya. (spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Miftahul Ulum

Editor : Sylviana Pravita RKN

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top