Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANDARA HEATROW Batalkan 20% Penerbangan

LONDON—Bandara Heathrow, London membatalkan seperlima dari penerbangan pada Minggu (20/1) akibat salju yang menyelimuti sejumlah  bandara destinasi penerbangan dari bandara terbesar di Inggris tersebut. Bahkan ada makapai membatalkan 40% penerbangan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Januari 2013  |  15:09 WIB

LONDON—Bandara Heathrow, London membatalkan seperlima dari penerbangan pada Minggu (20/1) akibat salju yang menyelimuti sejumlah  bandara destinasi penerbangan dari bandara terbesar di Inggris tersebut. Bahkan ada makapai membatalkan 40% penerbangan mereka ke bandara utama Paris.

Maskapai penerbangan Prancis, Air France, misalnya diprediksi pembatalan lebih banyak lagi dari perkiraan tersebut pada hari ini, Senin (21/1/2013).

Heathrow Ltd, yang dimiliki oleh Ferrovial Spanyol mengatakan jadwal penerbangan menjadi berkurang dari yang biasa beroperasi lebih dari 250 penerbangan, sehingga segera mengatasi banyaknya salju agar pembatalan tidak berlangsung lama.

Operator bandara tersebut menyatakan salju yang turun hingga Minggu menyebabkan jadwal penerbangan pada Senin (21/1) dipangkas sampai 10%.

“Angka pemangkasan jadwal penerbangan itu dapat naik, tergantung pada kondisi di bandara Eropa lainnya,” kata petugas operator Heathrow yang dikutip Reuters  hari ini, Senin (21/1/2013).

Untuk bandara kecil London, yakni Stansted dan Gatwick beroperasi seperti biasa pada Minggu pagi (20/1), tapi tergantung juga oleh penundaan dan pembatalan oleh maskapai penerbangannya.

Peramal cuaca Kantor British Met menjelaskan salju kemungkinan akan berlanjut hingga Senin (21/1) dan salju setinggi 8 cm menyelimuti bagian Tenggara Inggris pada Minggu.

Lebih lanjut dijelaskan Heathrow sebagai bandara tersibuk di Eropa itu menghabiskan dana sekitar £36 juta atau sebesar US$57 juta untuk melakukan upgrade peralatan cuaca musim dingin sejak 2010.

Saat ini, bandara itu memiliki 130 unit kendaraan pembersih salju. Sementara itu, Pengelola Aeroports de Paris (operator Bandara Paris) menuturkan maskapai penerbangan membatalkan 40% penerbangannya dari dua bandara utama di pinggiran Paris, Charles de Gaulle dan Orly, terutama mengurangi penerbangan jarak pendek. (Rochmad Fitriana/sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Reuters

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top