Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANDARA HEATROW Batalkan 20% Penerbangan

LONDON—Bandara Heathrow, London membatalkan seperlima dari penerbangan pada Minggu (20/1) akibat salju yang menyelimuti sejumlah  bandara destinasi penerbangan dari bandara terbesar di Inggris tersebut. Bahkan ada makapai membatalkan 40% penerbangan

LONDON—Bandara Heathrow, London membatalkan seperlima dari penerbangan pada Minggu (20/1) akibat salju yang menyelimuti sejumlah  bandara destinasi penerbangan dari bandara terbesar di Inggris tersebut. Bahkan ada makapai membatalkan 40% penerbangan mereka ke bandara utama Paris.

Maskapai penerbangan Prancis, Air France, misalnya diprediksi pembatalan lebih banyak lagi dari perkiraan tersebut pada hari ini, Senin (21/1/2013).

Heathrow Ltd, yang dimiliki oleh Ferrovial Spanyol mengatakan jadwal penerbangan menjadi berkurang dari yang biasa beroperasi lebih dari 250 penerbangan, sehingga segera mengatasi banyaknya salju agar pembatalan tidak berlangsung lama.

Operator bandara tersebut menyatakan salju yang turun hingga Minggu menyebabkan jadwal penerbangan pada Senin (21/1) dipangkas sampai 10%.

“Angka pemangkasan jadwal penerbangan itu dapat naik, tergantung pada kondisi di bandara Eropa lainnya,” kata petugas operator Heathrow yang dikutip Reuters  hari ini, Senin (21/1/2013).

Untuk bandara kecil London, yakni Stansted dan Gatwick beroperasi seperti biasa pada Minggu pagi (20/1), tapi tergantung juga oleh penundaan dan pembatalan oleh maskapai penerbangannya.

Peramal cuaca Kantor British Met menjelaskan salju kemungkinan akan berlanjut hingga Senin (21/1) dan salju setinggi 8 cm menyelimuti bagian Tenggara Inggris pada Minggu.

Lebih lanjut dijelaskan Heathrow sebagai bandara tersibuk di Eropa itu menghabiskan dana sekitar £36 juta atau sebesar US$57 juta untuk melakukan upgrade peralatan cuaca musim dingin sejak 2010.

Saat ini, bandara itu memiliki 130 unit kendaraan pembersih salju. Sementara itu, Pengelola Aeroports de Paris (operator Bandara Paris) menuturkan maskapai penerbangan membatalkan 40% penerbangannya dari dua bandara utama di pinggiran Paris, Charles de Gaulle dan Orly, terutama mengurangi penerbangan jarak pendek. (Rochmad Fitriana/sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper