Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Kerugian sangat besar, harusnya jadi bencana nasional

JAKARTA--Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengusulkan kepada pemerintah pusat agar bencana banjir yang melanda ibukota DKI Jakarta dan sekitarnya segera ditetapkan sebagai bencana nasional karena besarnya kerugian dari sisi sosial dan perekonomian.DPD

JAKARTA--Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengusulkan kepada pemerintah pusat agar bencana banjir yang melanda ibukota DKI Jakarta dan sekitarnya segera ditetapkan sebagai bencana nasional karena besarnya kerugian dari sisi sosial dan perekonomian.

"DPD menilai bencana banjir di DKI Jakarta ini sudah selayaknya kalau bisa dikategorikan sebagai bencana nasional," kata Ketua DPD, Irman Gusman di lokasi banjir Rawabuaya, Cengkareng, Minggu (20/1). Dalam kunjungan itu Irman Gusman didampingi anggota DPD asal DKI Jakarta, AM Fatwa, Supardi, dan Fifi Effendi meninjau tiga titik lokasi banjir. Selain meninjau lokasi dan para pengungsi, Irman Gusman juga menyerahkan bantuan berupa makanan, selimut, obat-obatan, dan, air mineral.

Menurut Irman, dari beberapa titik yang dikunjungi, bisa disimpulkan bahwa banjir terjadi hampir seluruh DKI sehingga ibukota bisa dikatakan lumpuh. Pemda DKI telah berbuat maksimal, tapi itu tidak cukup, ujarnya.

"Ini sudah bisa dikategorikan bencana nasional. Ini ibukota negara," kata Irman. Dia menambahkan bahwa bencana banjir kali ini juga terjadi di Tangerang, Bekasi, Karawang dan tempat-tempat lain yang berhimpitan dengan Jakarta. Apalagi diperkirakan curah hujan kali ini belum mencapai puncaknya, kata Irman.

Namun Irman mengakui bahwa Pemda DKI dibawah kepemimpinan Gubernur Jokowi telah berbuat maksimal.       

"Nanti melalui DPD asal DKI akan koordinasi dengan pemda DKI, bagaimana banjir ini bisa dikategorikan sebagai bencana nasional," kata Irman.

Anggota DPDasal DKI Jakarta, AM Fatwa menegaskan gubernur DKI Jokowi tidak bisa dibiarkan bekerja sendiri. Untuk itu dia meminta adanya dukungan politik dari DPRD DKI Jakarta untuk mendukung langkah-langkah gubernur Jokowi.

"Pemerintah pusat juga harus berikan dukungan penuh, keluarkan Keppres, tetapkan sebagai bencana nasional," kata Fatwa.

Dari skala ekonomi, Fatwa memperkirakan tingkat kerugian akan mencapai di atas Rp1 triliun sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjadikannya tidak bencana nasional.

"Saya kita banjir di ibukota Jakarta ini juga harus ada komando dari presiden, pemerintah pusat," kata Fatwa. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper