Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CUACA BURUK: Pemkot Balikpapan Dorong Budidaya Ikan Air Tawar

BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan mendorong pengembangan budidaya perikanan air tawar guna mendiversifikasi konsumsi ikan laut yang pasokannya berkurang ketika terjadi cuaca buruk.
- Bisnis.com 20 Januari 2013  |  15:42 WIB

BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan mendorong pengembangan budidaya perikanan air tawar guna mendiversifikasi konsumsi ikan laut yang pasokannya berkurang ketika terjadi cuaca buruk.

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kota Balikpapan Arzaedi mengatakan pengembangan budidaya ikan air tawar juga bertujuan mendorong peningkatan ekonomi nelayan.

Apabila bergantung sepenuhnya terhadap ikan laut, pendapatan nelayan juga akan ikut turun ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

“Kalau ada diversifikasi akan ada produk tambahan yang bisa dihasilkan nelayan ketika cuaca sedang tidak mendukung,” kata Arzaedi, Minggu (20/1/2013).

Dia mengatakan telah menggelar studi awal mengenai pengembangan budidaya ikan air tawar pada daerah nelayan seperti Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat.

Hasil studi itu menyebutkan bahwa pengembangan layak dilakukan untuk diversifikasi produk perikanan.

Beberapa nelayan, tambahnya, bahkan telah melakukan diversifikasi sejak lama karena ada beberapa konsumen yang mencari ikan air tawar.

Konsultan UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Muhamad Soleh menambahkan pihaknya juga telah melakukan survei terkait pengembangan perikanan air tawar.

Dia menyebutkan perlu adanya kolonisasi pengembangan sesuai dengan ikan air tawar yang dihasilkan.

“Misalnya satu daerah menghasilkan bibit ikan, satu daerah pakan, satu daerah pengembangan dewasa. Dengan begitu akan ada kelancaran pengembangan budidaya ini,” ujarnya.

Selama ini, pengembangan budidaya perikanan sering menemui kegagalan karena tidak adanya suplai bibit dan sarana pendukung bagi ikan.

Akibatnya, nelayan sering mengalami kendala dalam pengembangannya karena tidak adanya kelompok lain yang menopang.

Soleh berharap pengembangan budidaya ikan air tawar ini bisa berhasil sebab memiliki efek yang cukup besar bagi masyarakat.

Selain untuk memenuhi konsumsi ikan serta membantu meningkatkan pendapatan nelayan, budidaya juga mampu mencegah adanya persaingan tidak sehat yang menyebabkan harga ikan fluktuatif. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top