Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANGKUTAN BARANG: KAI Divre III Sumsel Targetkan Tumbuh 36%

PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumsel menargetkan peningkatan volume angkutan barang mencapai 36% sampai 2018 dengan melakukan berbagai peningkatan sarana dan prasarana.
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  19:10 WIB

PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumsel menargetkan peningkatan volume angkutan barang mencapai 36% sampai 2018 dengan melakukan berbagai peningkatan sarana dan prasarana.

 

Salah satu rencana yang akan digarap PT KAI Divre III Sumsel adalah mengembangkan area jalur rel ke arah Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin sepanjang 31 kilometer.

 

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel Jaka Jakarsih mengatakan pengembangan jalur tersebut akan membuat angkutan barang bisa lebih cepat menuju lautan lepas dengan kapasitas tongkang yang lebih besar. Sehingga bisa mendukung tujuan peningkatan volume angkutan barang di masa mendatang.

 

“Ini baru usulan, kami sedang merintis ke arah sana. Saat ini kami lagi kompromi soal pendanaanya apakah menggandeng investor atau sindikasi perbankan,” katanya saat dihubungi Bisnis, Jumat (18/1).

 

Menurutnya, jalur tersebut akan memiliki keuntungan karena nantinya tongkang  yang mengangkut barang itu tidak perlu lagi melintasi bawah jembatan Ampera sehingga bisa menggunakan tongkang dengan kapasitas yang lebih besar dari biasanya. 

 

Perusahaan berharap bisa mengangkut sampai 20 juta ton batu bara melalui jalur ini. Batu bara merupakan komoditas yang diandalkan perusahaan dalam bisnis angkutan barang selain komoditas Bahan Bakar Minyak (BBM).

 

Dia menambahkan  pengerjaan pengembangan jalur itu ditargetkan mulai berjalan pada semester II / 2013.  Dengan asumsi biaya bangun track sebesar Rp 5 miliar – Rp6 miliar per KM, proyek ini akan memakan biaya sebesar Rp155 miliar. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top