Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR BANTEN: Pimpinan DPD Berikan Bantuan Bagi Korban

SERANG: Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah hari ini, Jumat (18/) mengunjungi korban banjir, sekaligus menyerahkan bantuan ke sejumlah desa di Provinsi Banten.Kunjungan tersebut dibagi atas dua kelompok yang dipimpin masing-masing oleh Ketua DPD, Irman
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  13:31 WIB

SERANG: Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah hari ini, Jumat (18/) mengunjungi korban banjir, sekaligus menyerahkan bantuan ke sejumlah desa di Provinsi Banten.

Kunjungan tersebut dibagi atas dua kelompok yang dipimpin masing-masing oleh Ketua DPD, Irman Gusman dan Wakil Ketua DPD, Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Kedua kabupaten yang dikunjungi adalah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang.

Dalam sambutannya setelah menyerahkan bantuan secara simbolis  di Kecamatan Kragilan, Ratu Hemas mengatakan DPD siap mengawal penganggaran atas pembangunan Waduk Karian guna mengatasi banjir di wilayah tersebut. Penyebab banjir di sejumlah desa di kecamatan tersebut adalah akibat pendangkalan yang terjadi sungai Ciujung, Kabupaten Serang.

Sedikinya tiga desa di sekitar sungai itu terendam air yang menyebabkan 130 hektare sawah gagal panen. Selain merendam sawah, banjir juga menyebabkan matinya berbagai jenis hewan ternak di tiga desa berpenduduk 3.821 jiwa tersebut.

Menurut Ratu Hemas, pembangunan waduk Karian itu menjadi penting karena akan menjadi solusi jangka panjang. Namun, dia tidak memerinci seberapa besar anggaran yang dibutuhkan. Begitu juga seberapa lama target waktu untuk penyelesaiannya. "Penganggaran prasarana untuk mengatasi banjir itu harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, DPR dan instansi terkait." 

Pada acara serah terima bantuan senilai puluhan juta rupiah pada korban banjir tersebut, Ratu Hemas menyerahkan paket makanan instan, obat-obatan, air mineral, dan tikar untuk kebutuhan para korban banjir.

Pada kesempatan itu Ratu Hemas juga mengingatkan bahwa musim hujan akan masih berlanjut sehingga masyarakat sekitar diminta untuk tetap waspada. Hal terpenting, ujarnya, masyarakat rawan banjir harus tetap memperhatikan kesehatan agar keadaan tidak semakin memburuk.

Dari data yang diperoleh di lapangan, ketiga desa yang terendam air tersebut masing-masing Undar Andir, Mean, dan Desa Picon.  Ketiga desa tersebut terletak di pinggir jalan tol Jakarta-Merak.  (bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top