Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Pengusaha Bisa Rugi Rp2 Miliar / Jam

JAKARTA--Banjir di Jakarta, tidak hanya mengganggu aktivitas ekonomi ibu kota tetapi juga aktivitas ekonomi secara nasional."Jalan utama Sudirman-Thamrin bisa banjir, kemudian Istana Negara dan Balai Kota juga banjir. Jakarta merupakan pusat ekonomi
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  00:01 WIB

JAKARTA--Banjir di Jakarta, tidak hanya mengganggu aktivitas ekonomi ibu kota tetapi juga aktivitas ekonomi secara nasional.

"Jalan utama Sudirman-Thamrin bisa banjir, kemudian Istana Negara dan Balai Kota juga banjir. Jakarta merupakan pusat ekonomi nasional, sehingga jika ekonomi ibukota terganggu, ekonomi nasional juga ikut terganggu," ujar Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang, Kamis (17/1/2013).

Hitung-hitungan Sarman, pengusaha di DKI Jakarta bisa merugi Rp2 miliar per jam akibat bencana banjir tersebut. Kerugian tersebut terutama diderita oleh perniagaan dan perdagangan akibat distribusi barang yang tidak lancar. Adapun, kegiatan ekspor dan impor di Pelabuhan Tanjung Priok juga pasti terganggu.

Selain niaga, transaksi bisnis dan kegiatan produksi juga akan tertunda. "Kerja tidak efektif, seperti di kawasan industri Pulogadung. Buruh tidak masuk karena tidak bisa tembus jalan," sambungnya.

Kadin DKI Jakarta berharap pemerintah daerah dan pemerintah pusat bisa segera menanggulangi bencana banjir. Pengusaha pada dasarnya akan mendukung segala upaya yang dilakukan pemerintah agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

"Pemda dan pemerintah pusat harus fokus dan serius tangani banjir. Mereka harus siapkan target, karena semakin lama debit banjir tidak akan berkurang, pasti bertambah terus," katanya. (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Christine Franciska

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top