Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KREDIT USAHA RAKYAT: Penyaluran di Jatim lampaui target

SURABAYA: Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Jawa Timur tercatat 37,14% di atas target sepanjang tahun lalu. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan pada 2012, KUR di Jawa Timur tercatat sebesar

SURABAYA: Realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di Jawa Timur tercatat 37,14% di atas target sepanjang tahun lalu.
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan pada 2012, KUR di Jawa Timur tercatat sebesar Rp4,8 triliun, di atas target yang ditetapkan sebesar Rp3,5 triliun.
 
"Tahun lalu kami targetkan Rp3,5 triliun, ternyata tercapai Rp4,8 triliun. Pertumbuhannya cukup signifikan," ujarnya, Kamis (17/1/2013).
 
Berdasarkan data Kementerian BUMN diketahui penyaluran KUR secara nasional sepanjang tahun lalu juga tercatat melampaui target yakni mencapai Rp33,08 triliun. Jumlah tersebut 10,27% di atas target Rp30 triliun.
 
Wilayah Jawa Timur diketahui menjadi daerah kedua penyalur KUR terbesar setelah Jawa Tengah yang mencapai Rp5,11 triliun. Sementara itu, penyaluran KUR terendah terjadi di Maluku Utara yakni Rp101 miliar.
 
Sementara itu, penyaluran KUR secara akumulasi, yakni 2007 hingga 2012, tercatat sebesar Rp96,5 triliun yang terserap oleh 7,66 juta debitur.
 
Jika dilihat secara akumulasi, penyaluran KUR di Jawa Timur menempati posisi tertinggi dengan nilai penyaluran sebanyak Rp14,65 triliun. Kemudian disusul oleh Jawa Tengah sebesar 14,39 triliun, dan Jawa Barat sebesar 12,33 triliun.  (ra)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Rustam-nonaktif

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper