Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JAKARTA BANJIR: Tips Mengemudi Mobil Lintasi Genangan

JAKARTA—Belakangan, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kondisi ini menyebabkan sejumlah titik di Ibu Kota mengalami musibah banjir.
- Bisnis.com 17 Januari 2013  |  14:37 WIB

JAKARTA—Belakangan, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kondisi ini menyebabkan sejumlah titik di Ibu Kota mengalami musibah banjir.

Sebagian di antara Anda, barangkali pernah terjebak di tengah kepungan banjir kala mengendarai mobil.

Pereli nasional Indonesia Rifat Sungkar mengatakan memaksakan diri menggunakan mobil saat melintas di area banjir, mengundang banyak risiko.

Hanya saja, hal itu dapat dihindari jika pengemudi memahami karakter mobil yang ditungganginya.

Rifat membagikan sejumlah tips agar tetap nyaman berkendara saat banjir melanda.

1. Atur Kecepatan
Jangan mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi di area banjir. Memacu mobil dengan kecepatan tinggi justru berpotensi menimbulkan masalah, terutama untuk mobil keluaran saat ini yang menggunakan sistem injection.

"Mobil injection mampu mempertahankan RPM [rotarry per minute]. Cukup gunakan gigi 1 saat melintas di area banjir," ujarnya, Kamis (17/1/2013).

2. Perhatikan letak filter udara (intake)
Banyak pengemudi yang menginjak gas secara dalam ditambah setengah kopling dengan tujuan agar knalpot tidak kemasukan air.

Selama mobil masih digas, meski pelan, air tidak akan masuk ke knalpot karena udara yang masuk ke knalpot akan dibuang melalui intake.

Justru yang perlu diperhatikan adalah letak intake. Bila letaknya tinggi, melintas di daerah banjir bukanlah masalah.

Mobil yang filter udaranya di bawah, harus hati-hati. Bila mobil di gas kencang, katub terbuka akan menarik udara banyak. Dalam posisi inilah, air bisa masuk ke intake sehingga dapat menimbulkan kerusakan.

3. Perhatikan Rem
Kerap kali saat melintas di genangan air, rem terasa blong. Ini wajar karena mekanisme rem yang basah dan licin.

Hal yang perlu diperhatikan setelah bebas dari area banjir, cobalah injak pedal rem berkali-kali sebelum melanjutkan perjalanan dengan kecepatan normal.

Mobil dengan rem tromol biasanya butuh waktu lebih lama kembali normal dibandingkan dengan mobil dengab sistem rem disc-brake.

4.Tetaplah Hati-Hati
Persiapan sejak awal menjadi kunci saat berkendara, terutama musim hujan. Pastikan mobil dalam kondisi siap tempur, termasuk kelengkapan lain. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top