Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Penanggulangan hingga 2017 butuh Rp19 triliun

JAKARTA:  Kementerian Pekerjaan Umum memperhitungkan untuk mengatasi banjir DKI Jakarta hingga 2017 sedikitnya membutuhkan anggaran Rp19 triliun.Jumlah itu di luar rencana pembangunan deep tunel yang baru digagas pemda DKI Jakarta.Dirjen Sumber

JAKARTA:  Kementerian Pekerjaan Umum memperhitungkan untuk mengatasi banjir DKI Jakarta hingga 2017 sedikitnya membutuhkan anggaran Rp19 triliun.

Jumlah itu di luar rencana pembangunan deep tunel yang baru digagas pemda DKI Jakarta.

Dirjen Sumber Daya Air Mohammad Hasan mengatakan jika dihitung secara angka itu termasuk Banjir Kanal Timur (BKT) dan Banjir Kanal Barat (BKB), normalisasi sungai Krukut dan Ciliwung dan sungai Angke, Sunter dan Pesanggrahan.

"Untuk konstruksi pembangunan diperkirakan mencapai Rp10,6 triliun. Sementara sisanya Rp 8 triliun lebih itu untuk pembebasan lahan," ujarnya di Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Sementara untuk penanganan banjir DKI tahun 2013 dialokasikan sebesar Rp1,08 triliun.

Jumlah itu menjadi yang terbesar jika dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia. Dana itu digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana pengendalian banjir serta dana cadangan bencana banjir.

Untuk penanganan banjir secara keseluruhan, Direktorat Sumber Daya Air mengalokasikan anggaran kegiatan pembangunan dan rehabilitasi sarana/prasarana pengendalian banjir dan tanggap darurat banjir mencapai Rp3,8 triliun.
 
Mohammad Hasan menjelaskan anggaran pengendalian banjir itu berasal dari alokasi yang digunakan untuk kegiatan pengendalian banjir, lahar gunung berapi, dan pengamanan pantai di tahun ini.

Alokasi anggaran kegiatan pengendalian banjir, lahar gunung berapi, dan pengamanan pantai dialokasikan mencapai Rp 6,13 triliun.

"Dari total anggaran itu sudah termasuk untuk pengendalian banjir sebesar Rp3,8 triliun," paparnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Rustam-nonaktif
Sumber : Thomas Mola

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper