Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REVITALISASI PANTAI LOSARI Tidak Didukung Penyediaan RTH

MAKASSAR--DPRD Kota Makassar menilai kebijakan Pemerintah Kota Makassar merevitalisasi penyediaan ruang publik di Pantai Losari tidak mendukung penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) di kota ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  17:07 WIB

MAKASSAR--DPRD Kota Makassar menilai kebijakan Pemerintah Kota Makassar merevitalisasi penyediaan ruang publik di Pantai Losari tidak mendukung penyediaan ruang terbuka hijau (RTH) di kota ini.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Makassar Irianto Ahmad mengatakan progres revitalisasi di kawasan Pantai Losari tanpa perencanaan penyedia ruang terbuka hijau.

"Sejauh ini revitaliasi Pantai Losari yang menjelma menjadi empat anjungan belum berkontribusi pada penambahan RTH, alasannya kawasan tersebut sangat minim upaya penghijauan sehingga terkesan gersang dan kering," kata Irianto, Rabu (16/1/2013).
 

Menurutnya, revitalisasi Pantai Losari secara keseluruhan hanya terfokus pada pengembangan kawasan destinasi pariwisata sehingga tidak mendukung penambahan ruangan terbuka hijau yang saat ini baru sekitar 9,5%.
 

Oleh karena itu, kata Irianto, pemkot mestinya segera melakukan penghijauan supaya kawasan tersebut terlihat hijau dan sejuk, agar langkah itu secara tidak langsung juga menjadi upaya untuk mewujudkan pemenuhan RTH sebesar 30% sesuai yang disyaratkan dalam undang-undang.
 

Anggota komisi D DPRD Makassar Stevanus Swardi Hiong juga mengatakan penghijauan di tiga anjungan yang ada saat ini yakni pelataran Bahari, Metro dan Bugis Makassar masih minim. 
 

"Apalagi esensi dari revitalisasi Pantai Losari sebenarnya bukan hanya sebagai kawasan publik untuk bersantai, namun anjungan yang telah dianggarakan ratusan miliar tersebut juga harus mempunyai fungsi ekologi dengan penjabaran penyediaan RTH," tuturnya.
 

Adapun upaya penghijauan yang masih sekitar 5-10%, seyogyanya pemkot memprioritaskan penghijauan di kawasan tersebut. (K46) (Foto: rentalmobilmakassar.blogspot.com)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top