Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

M. Nawir Messi & Saidah Sakwan pimpin gerbong KPPU

JAKARTA: M. Nawir Messi dan Saidah Sakwan terpilih sebagai  ketua dan wakil ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk periode 2013-2015. Berdasarkan undang-undang, ketua dan wakil ketua KPPU dipilih dari dan oleh anggota komisioner
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  22:17 WIB

JAKARTA: M. Nawir Messi dan Saidah Sakwan terpilih sebagai  ketua dan wakil ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk periode 2013-2015.
 
Berdasarkan undang-undang, ketua dan wakil ketua KPPU dipilih dari dan oleh anggota komisioner sendiri sebagaimana diatur dalam penjelasan pasal 31 ayat (1) UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.Ketua KPPU terpilih dengan suara bulat oleh 9 komisioner dalam rapat komisi yang dipimpin oleh Tresna P Soemardi dan Syarkawi Rauf.
 
Yang menarik, berbeda dengan periode sebelumnya yang hanya setahun, sesuai dengan Peraturan Komisi Nomor 03/Per/KPPU/2013 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha tanggal 15 Januari 2013 ,
 
“Ketua dan wakil ketua KPPU kali ini memegang jabatannya selama 2,5 tahun. Artinya Nawir Messi akan menjadi ketua KPPU hingga 15 Juli 2015,” ujar Kepala Biro Humas dan Hukum KPPU Ahmad Junaidi.
Dalam menjalankan tugasnya, Nawir yang sebelumnya adalah anggota komisi periode 2006-2012 dan pernah menjadi ketua pada 2010-2011 akan didampingi oleh Saidah Sakwan, mantan  anggota  Komisi X dan Komisi VI DPR RI.
 
Menurut Junaidi, selama manjadi anggota DPR RI periode 2006-2009, Saidah turut serta membentuk undang-undang Penanaman Modal, UMKM, dan Kawasan Ekonomi Khusus.
 
Gelar akademis Saidah mulai dari Sarjana Fakultas Syariah (Hukum Islam) IAIN Syarif Hidayatullah (1996), dilanjutkan dengan Magister Studi Ilmu Syariah (Hukum Islam) Pasca Sarjana UIN Jakarta (2003).

“Ini sebuah kepercayaan dari semua Komisioner yang sekaligus menunjukkan solidnya kita untuk makin me-mainstreaming competition dalam perilaku usaha dan kebijakan ekonomi bangsa ini” ujar Nawir Messi dalam sambutan yang juga disebar kepada media. (arh)



 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top