Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MALAM TAHUN BARU 2013: Sumatra Utara berpeluang hujan

MEDAN-- Malam pergantian tahun 2012 ke 2013 di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Utara diperkirakan berpeluang hujan. Cuaca pada umumnya berawan, namun potensi hujan pada malam hari akan terjadi.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Desember 2012  |  14:20 WIB

MEDAN-- Malam pergantian tahun 2012 ke 2013 di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Utara diperkirakan berpeluang hujan. Cuaca pada umumnya berawan, namun potensi hujan pada malam hari akan terjadi.

 

Data dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Senin (31/12/2012) menyebutkan, pola angin Timuran cukup dominan, terdapat gangguan di sekitar laut China Selatan yang menyebabkan belokan cukup tajam melewati Sumatra Bagian Utara (Sumbagut).

 

Kemudian terdapat pola angin yang bersifat mengumpul disekitar Pantai Timur Sumbagut. Dengan cukup hangatnya suhu muka laut disekitar Sumbagut, menyebabkan supply uap air yang cukup untuk pertumbuhan awan-awan hujan.

 

Christin Afrin Matondang, Petugas Prakiraan (Forecaster) BBMKG Wilayah I Medan mengatakan, untuk Pantai Timur cuaca pada umumnya berpeluang hujan dengan intensitas sedang pada siang hari dan sore hingga dini hari.

 

“Untuk Pantai Barat cuaca umumnya berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Untuk pegunungan umumnya cuaca berawan dan berpeluang hujan pada sore dan malam hari,” kata Christin Afrin Matondang, Senin (31/12).

 

Adapun sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sumatra Utara diperkirakan akan hujan pada malam hari ini, sebut Christin, Kabupaten Langkat, Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Batubara, Kota Pematang Siantar, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Asahan.

 

Kemudian, Kabupaten Labuhan Batu, Kota Rantau Prapat, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Madina, Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan.

 

Sedangkan prakiraan cuaca untuk wilayah perairan yang berpotensi hujan terjadi di Selat Malaka bagian Utara dengan arah angin Timur-Tenggara kecepatan angin 05-15 knot, perairan Lhokseumawe dengan arah angin Tenggara-Selatan kecepatan angin 05-10 knot.

 

“Perairan Sabang-Banda Aceh dengan arah angin Tenggara-Selatan kecepatan angin10-15 knot, perairan Pulau Simeulue-Meulaboh cuaca berawan-hujan dengan arah angin Timur-Tenggara kecepatan angin 10-15 knot, Samudera Hindia barat Aceh cuaca hujan dengan arah angin Timur Laut-Barat Daya kecepatan angin 10-15 knot,” katanya.

 

Selat Malaka bagian tengah cuaca hujan dengan arah angin Tenggara-Barat Daya kecepatan angin 05-10 knot, perairan Kepulauan Nias-Sibolga cuaca berawan-hujan dengan arah angin Timur Laut-Timur kecepatan angin 05-10 knot, Samudera Hindia barat Kepulauan Nias cuaca berawan dengan arah angin Timur-Barat kecepatan angin 05-10 knot dan perairan Riau cuaca hujan dengan arah angin Timur Laut-Tenggara kecepatan angin 05-10 knot. (msb)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Heru Rahmad Kurnia

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top