UNDIAN GRATIS: 3.261 pucuk surat undian dimusnahkan

JAKARTA --  Sebanyak 3.261 pucuk surat undian gratis berhadiah berindikasi penipuan dimusnahkan yang terkumpul sejak Maret hingga Desember 2012 dimusnahkan Kementerian sosial bersama PT Pos Indonesia.
News Editor | 28 Desember 2012 11:42 WIB

JAKARTA --  Sebanyak 3.261 pucuk surat undian gratis berhadiah berindikasi penipuan dimusnahkan yang terkumpul sejak Maret hingga Desember 2012 dimusnahkan Kementerian sosial bersama PT Pos Indonesia.

"Jumlah selama 2012 iini menurun signifikan dibandingkan tahun sebelumnya," kata Direktur Pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial  (PPNS) Kementerian Sosial Margowiyono di Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Jumlah hasil sortiran PPNS Kementerian Sosial dan PT Pos Indonesia, Maret - Desember 2012 dibanding tahun sebelumnya lebih kecil. Pada 2010 berjumlah 4.928 surat dan 2011 terdapat 5.229 surat.

Margowiyono menjelaskan, upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Sosial dalam rangka meminimalisasikan korban penipuan, antara lain kerja sama dengan PT Pos Indonesia melalui sortir surat.

Optimalisasi peran penyidik Pegawai negeri Sipil (PPNS) berkoordinasi dengan Kepolisian RI dalam pengawasan tugas-tugas di lapangan.

Sosialisasi melalui media cetak dan elektronik terkait Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1954 tentang undian kepada pejabat dan pelaksana di tingkat provinsi maupun kabupaten-kota serta kepada masyarakat luas.

Menggandeng kalangan dunia usaha untuk bersama meminimalisasikan penipuan terutama perusahaan yang produknya dijadikan modus operandi penipuan.

Menyediakan Call Center pengaduan undian gratis berhadiah yang diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan undian.

Tip Hindari Penipuan Untuk itu, ia mengimbau masyarakat menghindari penipuan berkedok undian gratis berhadiah dengan sejumlah tip yaitu pertama, setiap penyelenggaraan undian gratis berhadiah, pihak penyelenggara tidak pernah meminta biaya apa pun kepada pemenang, apalagi dengan cara mentransfer.

Kedua, jangan tergiur dengan surat atau kupon pemberitahuan pemenang dan jangan terburu-buru mempercayai.

"Sebaiknya cari informasi kebenarannya dengan menghubungi Call Center undian gratis berhadiah di nomor 021-314.400," jelas dia seraya menambahkan agar mengingat kembali apakah pernah mengikuti program undian atau sejenisnya. Apabila tidak, sebaiknya diabaikan saja.

Pemberitahuan pemenang undian gratis berhadiah tidak pernah dilakukan melalui SMS, tetapi diumumkan melalui media cetak atau melalui surat resmi yang sah.

"Jangan sekali-kali menghubungi nomor telepon atau HP yang tertera dalam kupon maupun nomor tertentu yang sudah ditentukan oleh pelaku atau oknum," kata Margowiyono.

Dia juga menambahkan, tidak ada hadiah yang dilelang tapi jika hadiah yang tidak tertebak atau tidak diambil oleh pemenang, maka akan diserahkan ke Kementerian Sosial.

"Waspada terhadap segala bentuk undian. Cek dan ricek terlebih dahulu keabsahan surat atau kupon undian gratis berhadiah melalui Call Center kami," imbau dia. (Antara/Endot Brilliantono)

(Foto: Google Image)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Reporter 1

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup