Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAHUN BARU 2013: Awas, Semarang Terancam Rob Hingga 1 Meter

SEMARANG-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Maritim Semarang memperkirakan air pasang atau rob dengan ketinggian 1 meter terjadi di Ibu Kota Jawa Tengah ini pada 30 dan 31 Desember 2012 atau malam tahun baru.Rob tanggal 30 dan 31 Desember

SEMARANG-- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Maritim Semarang memperkirakan air pasang atau rob dengan ketinggian 1 meter terjadi di Ibu Kota Jawa Tengah ini pada 30 dan 31 Desember 2012 atau malam tahun baru."Rob tanggal 30 dan 31 Desember itu diperkirakan terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB dan sudah surut sekitar pukul 03.00 WIB," kata prakirawan BMKG Maritim Semarang Retno Widyaningsih di Semarang, Jumat. (28/12/2012)

Surutnya rob tersebut dapat cepat jika pada malam dan pagi hari Kota Semarang tidak diguyur hujan. Beberapa minggu terakhir di Kota Semarang selalu diguyur hujan pada sore hari hingga petang dan tengah malam serta pagi hari tidak terjadi hujan.

Ia menjelaskan rob pada malam hari surutnya lebih cepat dibandingkan dengan rob yang terjadi pada siang hari.

Rob malam hari dikarenakan gravitasi bulan, sementara rob siang hari selain oleh matahari, banyak masyarakat beraktivitas sehingga waktu surutnya lebih lama," katanya.

Sejumlah daerah yang diprakirakan akan terkena dampak rob di antaranya di daerah Semarang Kawasan Pelabuhan, Semarang Utara, dan Johar.

Untuk tanggal sebelum tanggal 30 Desember 2012, lanjut Retno juga terjadi rob, tetapi ketinggiannya di bawah satu meter dan juga terjadi pada malam hari.

Puncak rob biasanya terjadi pada April hingga Mei, dikarenakan pada saat itu posisi Kota Semarang pada jarak terdekat dengan bulan. Apalagi saat bulan purnama, tingkat ketinggian air pasang akan naik. (Antara/spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Kahfi
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper