Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rakyat KOREA SELATAN hari ini pilih presiden baru

News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  06:51 WIB
 
SEOUL: Rakyat Korea Selatan hari ini, Rabu (19/12/2012) akan pergi ke tempat-tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru.
 
Pemilihan kali ini berpotensi bersejarah yang bisa menghasilkan perekonomian negara terbesar keempat di Asia itu mendapatkan pemimpin perempuan pertama.
 
Pemilih menghadapi pilihan yang jelas antara calon partai konservatif yang berkuasa Park Geun-Hye dan saingan liberalnya dari partai oposisi utama, Moon Jae-In, dengan jajak pendapat tidak dapat memisahkan keduanya.
 
Penghuni terakhir Wisma Biru kepresidenan akan menghadapi banyak tantangan, termasuk Korea Utara yang suka berperang, perlambatan ekonomi.
 
Serta melonjaknya biaya kesejahteraan masyarakat di salah satu negara di dunia yang paling cepat mengalami peningkatan orang-orang lanjut usia tersebut.
 
TPS dibuka pada pukul 06.00 waktu setempat dan dijadwalkan untuk tutup pada pukul 18.00 di dan dinyatakan sebagai hari libur nasional untuk memungkinkan partisipasi maksimal bagi 40 juta pemilih terdaftar.
 
Park, 60, sedang membuat sejarah dengan menjadi presiden wanita pertama satu negara yang masih didominasi laki-laki, dan yang pertama berhubungan dengan mantan pemimpin.
 
Dia adalah putri dari salah satu tokoh modern Korea yang paling populer, yakni mendiang diktator Park Chung-Hee, yang sangat dikagumi karena menyeret negara itu keluar dari kemiskinan dan dicerca karena penindasan yang kejam pada perbedaan pendapat selama 18 tahun pemerintahan otokratisnya.
 
Dia ditembak mati oleh kepala intelijen pada 1979. Ibu Park dibunuh lima tahun sebelumnya oleh seorang pria bersenjata pro-Korea Utara yang bertujuan membunuh ayahnya.
 
Adapun Moon, yang kepala staf sayap kiri mendiang presiden Roh Moo-Hyun, adalah mantan pengacara hak asasi manusia yang pernah dipenjara karena memprotes rezim Park Chung-Hee.  (Antara/ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top