Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 
SEOUL: Rakyat Korea Selatan hari ini, Rabu (19/12/2012) akan pergi ke tempat-tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru.
 
Pemilihan kali ini berpotensi bersejarah yang bisa menghasilkan perekonomian negara terbesar keempat di Asia itu mendapatkan pemimpin perempuan pertama.
 
Pemilih menghadapi pilihan yang jelas antara calon partai konservatif yang berkuasa Park Geun-Hye dan saingan liberalnya dari partai oposisi utama, Moon Jae-In, dengan jajak pendapat tidak dapat memisahkan keduanya.
 
Penghuni terakhir Wisma Biru kepresidenan akan menghadapi banyak tantangan, termasuk Korea Utara yang suka berperang, perlambatan ekonomi.
 
Serta melonjaknya biaya kesejahteraan masyarakat di salah satu negara di dunia yang paling cepat mengalami peningkatan orang-orang lanjut usia tersebut.
 
TPS dibuka pada pukul 06.00 waktu setempat dan dijadwalkan untuk tutup pada pukul 18.00 di dan dinyatakan sebagai hari libur nasional untuk memungkinkan partisipasi maksimal bagi 40 juta pemilih terdaftar.
 
Park, 60, sedang membuat sejarah dengan menjadi presiden wanita pertama satu negara yang masih didominasi laki-laki, dan yang pertama berhubungan dengan mantan pemimpin.
 
Dia adalah putri dari salah satu tokoh modern Korea yang paling populer, yakni mendiang diktator Park Chung-Hee, yang sangat dikagumi karena menyeret negara itu keluar dari kemiskinan dan dicerca karena penindasan yang kejam pada perbedaan pendapat selama 18 tahun pemerintahan otokratisnya.
 
Dia ditembak mati oleh kepala intelijen pada 1979. Ibu Park dibunuh lima tahun sebelumnya oleh seorang pria bersenjata pro-Korea Utara yang bertujuan membunuh ayahnya.
 
Adapun Moon, yang kepala staf sayap kiri mendiang presiden Roh Moo-Hyun, adalah mantan pengacara hak asasi manusia yang pernah dipenjara karena memprotes rezim Park Chung-Hee.  (Antara/ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper