Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JEMBATAN SULTAN ABDUL DJALIL di Siak Diresmikan

News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  23:33 WIB
PEKANBARU: Gubernur Riau HM Rusli Zainal meresmikan penggunaan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah yang juga disebut Jembatan Teluk Mesjid, di Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Jumat (14/12/2012).
 
Jembatan yang disebut-sebut sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang 1.650 meter dan lebar 9 m yang pembangunannya menelan total anggaran Rp359 miliar dari 70% APBD Provinsi Riau dan 30% Pemkab Siak.
 
"Bersyukur kepada Allah SWT karena cita-cita dan harapan saya dan Pak Arwin [mantan Bupati Siak] dahulu untuk menghubungkan Pekanbaru-Siak-Pakning-Bengkalis melalui jalan darat telah tercapai," kata HM Rusli Zainal dalam sambutan peresmian jembatan itu.
 
Menurutnya, tugas berat ini dimulai dari masa pemerintahan Bupati Arwin dan selesai masa pemerintahan Bupati Syamsuar.
 
"Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah ini merupakan jembatan ke-3 yang diresmikan pemakaiannya. Pada tahun 2011 diresmikan Jembatan Sultan Syarif Kasim di Perawang dan sebelumnya Jembatan Sultan Abdul Djalil Muazzamsyah," kata Rusli.
 
Dia mengatakan Jembatan Teluk Mesjid yang diberi nama Jembatan Abdul Djalil Rachmad Syah ini merupakan pintu gerbang Kebupaten Siak.
 
Jembatan ini didanai dengan sistem budget sharing antara Pemprov Riau dan Pemkab Siak. 
 
Menurut Rusli, pembangunan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah merupakan upaya Pemprov Riau untuk pengembangan dan membuka isolasi wilayah. 
 
"Pembangunan wilayah sangat membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang memadai, khususnya tranportasi darat," ujarnya.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Zul Azhar

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top