Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEKANBARU: Gubernur Riau HM Rusli Zainal meresmikan penggunaan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah yang juga disebut Jembatan Teluk Mesjid, di Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, Jumat (14/12/2012).
 
Jembatan yang disebut-sebut sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia ini memiliki panjang 1.650 meter dan lebar 9 m yang pembangunannya menelan total anggaran Rp359 miliar dari 70% APBD Provinsi Riau dan 30% Pemkab Siak.
 
"Bersyukur kepada Allah SWT karena cita-cita dan harapan saya dan Pak Arwin [mantan Bupati Siak] dahulu untuk menghubungkan Pekanbaru-Siak-Pakning-Bengkalis melalui jalan darat telah tercapai," kata HM Rusli Zainal dalam sambutan peresmian jembatan itu.
 
Menurutnya, tugas berat ini dimulai dari masa pemerintahan Bupati Arwin dan selesai masa pemerintahan Bupati Syamsuar.
 
"Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah ini merupakan jembatan ke-3 yang diresmikan pemakaiannya. Pada tahun 2011 diresmikan Jembatan Sultan Syarif Kasim di Perawang dan sebelumnya Jembatan Sultan Abdul Djalil Muazzamsyah," kata Rusli.
 
Dia mengatakan Jembatan Teluk Mesjid yang diberi nama Jembatan Abdul Djalil Rachmad Syah ini merupakan pintu gerbang Kebupaten Siak.
 
Jembatan ini didanai dengan sistem budget sharing antara Pemprov Riau dan Pemkab Siak. 
 
Menurut Rusli, pembangunan Jembatan Sultan Abdul Djalil Rachmad Syah merupakan upaya Pemprov Riau untuk pengembangan dan membuka isolasi wilayah. 
 
"Pembangunan wilayah sangat membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang memadai, khususnya tranportasi darat," ujarnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Zul Azhar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper