Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN : Perekonomian Indonesia Akan Semakin Kuat

JAKARTA-Komunitas Asean tidak akan langsung terintegrasi penuh pada 2015 karena membutuhkan waktu lama untuk menyatukan politik, kebudayaan dan ekonomi antara negara-negara Asia Tenggara.
Muhammad Fazrin
Muhammad Fazrin - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  17:12 WIB

JAKARTA-Komunitas Asean tidak akan langsung terintegrasi penuh pada 2015 karena membutuhkan waktu lama untuk menyatukan politik, kebudayaan dan ekonomi antara negara-negara Asia Tenggara.

Dekan S Rajaratnam School of International Studies Barry Desker mengatakan tahun 2015, saat komunitas regional itu didirikan, merupakan awal dari penyatuan berbagai aspek antar negara anggota Asean.

“Semua negara tengah mengupayakan agar Asean bukan hanya digerakkan oleh birokrasi pemerintah saja, melainkan juga oleh masyarakat negara-negara Asia Tenggara,” kata Desker dalam diskusi Membangun Kerjasama Keamanan Asia Pasifik di Jakarta hari ini (14/12).

Desker melihat komunitas ini diperlukan untuk pembangunan regional. Di bidang ekonomi,  Indonesia tidak perlu khawatir hanya menjadi pasar bagi ekspor negara-negara tetangganya, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

“Liberalisasi perdagangan akan memberikan ruang bagi ekspor untuk tumbuh dan perekonomian Indonesia akan terus menguat. Saat ini saja, ekspor Indonesia sudah jauh lebih kuat dari 10 tahun yang lalu,” katanya.

Desker juga tidak khawatir akan risiko Komunitas Asean berakhir seperti Uni Eropa yang akhirnya menglami krisis. Menurutnya, Asean dapat belajar dari kesalahan Eropa dalam mendirikan komunitas ekonomi.

“Saat anda menyatukan moneter, anda juga harus menyatukan fiskal. Inilah kesalahan Eropa. Mereka punya kesatuan moneter, yakni zona euro, tapi mereka tidak punya kesatuan fiskal,” kata mantan Duta Besar Singapura untuk Indonesia periode 1986-1993 tersebut. (yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top